• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Bocoran Kisaran Harga YZF-R15, Punya Edisi Khusus

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
9DvUW.jpg
Meski sudah membuka keran pesanan YZF-R15 via online, Yamaha Indonesia belum mau membeberkan harga pasti motor sport 150cc itu. Namun, mereka sedikit membocorkan kisaran harganya.

"Harganya tunggu nanti saat peluncuran, tapi kisarannya Rp25-30 juta," kata Eko Prabowo, GM Marketing Communication & dan Commnity Development Yamaha Indonesia, Sabtu 12 April 2014.

YZF-R15 sudah lebih dulu dijual di Thailand belum lama ini. Motor itu dibanderol 85.000 baht atau sekitar Rp29,8 juta.

Eko menjelaskan peluncuran YRF-R15 akan dilakukan di Jakarta pada 23 April 2014. Nantinya, sambung dia, R15 akan diproduksi di Indonesia. "Bicara soal spesifikasi itu belum saatnya sekarang, yang pasti motor ini diplot untuk mengisi segmen sport 150cc khusus untuk pecinta sport," jelasnya.

Sebelumnya, Executive Vice President Yamaha Indonesia, Dyonisius Beti, pernah memberikan bocoran sosok R15 yang akan dipasarkan di Tanah Air.

Kata Dyon, model R15 nantinya memiliki beberapa perbedaan dengan V-Ixion --meski sama-sama mengusung mesin 150cc. R15 akan memiliki enam percepatan dan untuk swing armterbuat dari aluminium. "Untuk spek mesin relatif sama, hanya saja settingan torsi R15 lebih besar dibanding V-Ixion," ujarnya.

Edisi Khusus

Menariknya, R15 punya edisi khusus hasil modifikasi dan cuma dijatah 5 unit saja. Tampilannya dilengkapi spesial paiting bertemakan Movistar Yamaha MotoGP Livery 2014. Untuk performa, ada upgrade ECU yaitu ECU racing (Daytona) yang bisa setting melalui perangkat Android--biasanya digunakan oleh tim balap Yamaha di ajang Yamaha ASEAN Cup race 2013.

Knalpot R15 special edition juga di-upgrade full system, yaitu knalpot balap merek Sakura dengan silincer dilapisi karbon Kevlar asli, bisanya digunakan tim Yamaha Monster Tech 3. Untuk penggunaan harian Yamaha melengkapinya dengan peredam suara.
 
Ini Spesifikasi YZF-R15

E0NDt.jpg
Yamaha Indonesia resmi mengumumkan harga motor sport teranyar mereka, YZF-R15 dengan banderol Rp28 juta On the Road Jakarta. Sedangkan harga daerah lain akan mengikuti ketentuan yang berlaku.

Harga resmi motor 150cc itu terlihat dari situs resmi pemesanan online R15 yaitu www.iwantyamahar15.com. Dalam situs itu juga disebutkan R15 memiliki tiga varian warna; Racing Blue, Supernova Red dan Midnight Black.

Selain itu mereka membeberkan spesifikasi detail R15. Motor yang akan diproduksi di dalam negeri itu, memiliki dimensi panjang 1.975 mm, lebar 660 mm, tinggi 1.070 mm dan jarak sumbu roda 1.345 mm.

Untuk jarak terendah ke tanah 160 mm, tinggi tempat duduk 800 mm. Kemudian berat isi 136 kg dan kapasitas tangki bensin 12 liter.

Untuk jantung pacu, R15 dibekali mesin 4 langkah, 4 Valve SOHC, berpendingan cairan, silinder tunggal. Motor ini memiliki perbandingan kompresi 10,4:1. Jadi dianjurkan menggunakan BBM beroktan 91.

Mesin R15 memiliki daya maksimum 12,2 kw pada 8.500 rpm dan torsi 14,5 Nm maksimum 7.500 rpm, yang dipadukan dengan transmisi 6 percepatan. Untuk swing arm terbuat dari aluminium, dilengkapi double headlight serta split seat.

Meski begitu perlu diketahui, R15 dan V-Ixion dari segi kapasitas mesin sama-sama 150cc. Timbul pernyataan apakah keduanya justru saling 'memakan' ketika berada di pasar?

"Itu pasti ada, tapi sangat kecil. Karena R15 dan V-Ixion punya perbedaan desain meski mesinnya sama-sama 150cc," kata Eko Prabowo, GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia.

Menurut dia, R15 dan V-Ixion justru memperluas pangsa pasar Yamaha di segmen sport. Sebab, konsumen yang menyukai model naked bike akan memilih V-Ixion, sedangkan pecinta sport (model full fairing) pilihannya R15.

Dari segi harga selisihnya sekitar Rp4,4 juta, di mana V-Ixion saat dijual Rp23,6 juta dan R15 Rp28 juta. Keduanya berstatus OTR Jakarta.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.