• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Cara membuat jajanan tradisional TAPAI SINGKONG

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.575
Nilai reaksi
23
Poin
0
Cara menciptakan jajanan tradisional TAPAI SINGKONG


Cara menciptakan jajanan tradisional TAPAI SINGKONG


Siapa sih yg gak suka dengan yg satu ini, yg rasanya manis - manis gimana gitu. Dan pastinya cocok banget buat campuran es campur di menu buka puasa sekarang ini.
Jajanan tradisional ini banyak digemari dari berbagai kalangan, dari yg anak kecil hingga yg tua, dari yg masyarakat biasa hingga pejabat.
Terlebih masyarakat desa yg umumnya lebih terbiasa dengan jajanan tradisional. Nah, makanan yg satu ini disebut "TAPAI". Bahan dasarnya dari ketela pohon/singkong. Pengokahannya cukup mudah untuk menjadikan makanan tradisional ini.


Bahan :
1. Ketela pohon/singkong
2. Ragi
3. Daun pisang atau daun jati

Cara menciptakan :
1. Kupas ketela pohon/singkong
2. Cuci hingga bersih
3. Kemudian dikukus, cukup matang saja, jangan hingga terlalu matang (singkong jangan hingga medhog/pecah - pecah)
4. Tiriskan hingga dharap
5. Kemudian balurkan/oleskan ragi yg sudah di haluskan
6. Siapkan wadah/baskom untuk tempatnya, kemudian susun daun pisang di pinggiran baskom & bagian permukaan baskom
7. Masukkan ketela pohon/singkong kedalam baskom yg sudah ada daun pisangnya. Kemudian tutup atasnya mengpakai daun pisang juga. Setelah itu tutup lagi dengan nampan atau piring lebar supaya tidak mudah terbuka. Tunggu 1-3 hari jajanan tradisional (TAPE) ini dapat di hidangkan.

Mitosnya, menciptakan TAPAI selama proses membalur/mengolesi dengan ragi tidak boleh berbicara supaya TAPAI matang dengan sempurna. Tapi kalau menurut saya sih tergantung kitanya aja, percaya ato tidaknya.

Kurang lebih seperti itulah proses pembuatan TAPAI, selamat mencoba

sumber:
Pengalaman pribadi
Kemarin 23:54
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.