• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Berkaca dari Kejadian Turis Jerman Kencing di Kawah Bromo,Ini Pentingnya Belajar Adab

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.641
Nilai reaksi
23
Poin
0
Berkaca dari Kejadian Turis Jerman Kencing di Kawah Bromo,Ini Pentingnya Belajar Adab

Turis asal Jerman panen kecaman karena pamer kencing di puncak Gunung Bromo, mari pahami pentingnya belajar adab


Media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto & video seorang turis asal Jerman yg membagikan momen dirinya mendaki puncak Gunung Bromo.

Adapun yg jadi masalah dari beredarnya foto tersebut yg perdana kali dibagikan oleh akun Instagram @hometown.earth yaitu aksi tidak terpuji kencing di atas puncak Gunung Bromo yg dilakukan oleh pria turis yg berasal dari Jerman tersebut.

Aksi tidak terpuji yg dilakukan oleh turis asal Jerman itupun mendapatkan sorotan langsung dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS). Diwakili oleh Sarif Hidayat selaku Kepala sub bagian data, evaluasi, & humas mengungkapkan rasa kekecewaan & menyayangkan tindakan tidak terpuji yg dilakukan oleh si turis.

Kekecewaan itu timbul bukan cuma karena si turis tidak menjaga adab & sopan santun, melainkan juga karena melukai hati para masyarakat Tengger sebab Gunung Bromo disakralkan oleh warga setempat.

Dilansir dari akun Instagram @lambe.turah, diketahui turis asal Jerman yg mengerjakan tindakan tidak terpuji tersebut sudah meminta maaf, & mengaku tidak mengetahui bahwa Gunung Bromo jadi tempat yg memiliki sejarah serta nilai spiritual bagi warga sekitar. Turis Jerman tersebut juga menjelaskan bahwa perilaku menjijikkan yg dilakukannya bukan atas dasar kesengajaan menyinggung karena dirinya mengaku benar-benar kurang pengetahuan & mengalami disinformasi kultur.


Berkaca dari Kejadian Turis Jerman Kencing di Kawah Bromo,Ini Pentingnya Belajar Adab



Dari adanya kejadian yg dialami & dilakukan oleh turis asal Jerman yg menyinggung banyak pihak karena dinilai tidak sopan & kurang beradab tersebut tentu ada pelajaran baik yg dapat kita ambil bersama GanSis.

Pentingnya belajar serta memahami adab & sopan santun penting untuk dilakukan baik oleh masyarakat lokal maupun Mancanegara karena memang setiap tempat atau daerah-daerah yg dikunjungi oleh turis atau wisatawan sering ada aturan-aturan adat & budaya yg tidak boleh untuk dilanggar karena biasanya berhubungan dengan spiritualitas warga setempat atau keluhuran serta kesakralan tempat yg disucikan.

Masalah ketidak tahuan turis kepada aturan yg diterapkan di daerah-daerah pariwisata ini dapat dikatakan tidak cuma terjadi sekali dua kali. Beberapa waktu lalu juga sempat terjadi turis wanita berbikini di pantai yg ada di Provinsi Aceh dimana aturan yg diberlakukan disana tidak diperbolehkan turis atau wisatawan berpakaian terbuka & menunjukkan aurat.

Tentu pelajaran ini bukan cuma berlaku bagi para turis atau wisatawan, melainkan juga untuk para pengelola tempat wisata supaya memberikan edukasi serta pengertian kepada aturan-aturan yg tidak boleh dilanggar oleh pengunjung. Jika pengelola tempat wisata dapat memberikan edukasi yg baik kepada para wisatawan atau turis maka kemungkinan pelanggaran jiga akan berkurang.


Berkaca dari Kejadian Turis Jerman Kencing di Kawah Bromo,Ini Pentingnya Belajar Adab



Itulah GanSis sekilas tentang betapa pentingnya belajar adab & sopan santun termasuk dengan meningkatkan pemahaman pada aturan-aturan yg harus diikuti saat kalian berkunjung ke sebuah tempat wisata atau ke daerah-daerah yg masih menjunjung tinggi adat budaya serta spiritualitas.

Mudah-mudahan dari adanya kejadian ini Agan Sista dapat mengambil pelajaran berharga & menerapkannya supaya kedepannya tidak lagi terjadi kejadian yg serupa.

Oke, semoga thread ini bermanfaat & dan ada pelajaran baik yg dapat Agan & Sista ambil.


Berkaca dari Kejadian Turis Jerman Kencing di Kawah Bromo,Ini Pentingnya Belajar Adab



Penulis: @masnukho2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4​
Hari ini 06:38
 
"Wisatawan mengaku tidak mengetahui bahwa Gunung Bromo jadi tempat yg memiliki sejarah serta nilai spiritual bagi warga sekitar".

Menurut saya ini alasan yang sangat klasik dan tidak masuk akal, seharusnya turis tersebut sadar akan perilaku yang sopan.
Semoga semua wisatawan tetap selalu menghomati alam dan budaya sopan pada setiap lokasi yang dikunjunginya.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.