• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Berbagai Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Sebaiknya Dihindari

jennywijaya

IndoForum Newbie D
No. Urut
288379
Sejak
10 Nov 2020
Pesan
70
Nilai reaksi
0
Poin
6

Sulit tidur di malam hari bisa saja disebabkan oleh kebiasaan buruk yang tidak disadari. Efeknya adalah kualitas tidur Anda menjadi buruk sehingga keesokan harinya merasa lemas, kurang fokus, dan mengantuk. Ada pula yang beranggapan bahwa kurang tidur merupakan hal biasa dan tidak membahayakan. Faktanya tubuh yang kurang tidur akan meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. Untuk mendapat tidur nyenyak berkualitas, hindari beberapa kebiasaan buruk sebelum tidur berikut ini.
  1. Minum air putih berlebihan
Minum air putih secara cukup memang disarankan agar tubuh tidak terkena dehidrasi. Akan tetapi, Anda perlu menghindari minum air putih berlebihan sebelum tidur. Jika Anda minum air putih terlalu banyak sebelum tidur maka efeknya adalah tidur Anda tidak akan nyenyak sebab sering terbangun akibat merasa ingin buang air kecil. Kualitas tidur pun menjadi buruk.
  1. Merokok
Merokok sebelum tidur merupakan salah satu kebiasaan buruk. Tidak hanya sebelum tidur, merokok memang sebaiknya tidak dilakukan sebab dapat memberi efek buruk bagi tubuh. Kandungan nikotin pada rokok dapat menyebabkan sulit tidur di malam hari, membahayakan janin, menyebabkan kanker paru-paru, penyakit jantung, dan masih banyak lainnya.
  1. Mengonsumsi alkohol
Apabila Anda mendamba kualitas tidur yang baik, hindari mengonsumsi alkohol terutama sebelum tidur. Minum alkohol sedikit dengan kadar rendah saja sudah mampu menurunkan kualitas tidur sebanyak 10 persen. Jika Anda mengonsumsi alkohol kadar tinggi maka kualitas tidur Anda dapat menurun hingga 40%.
  1. Bermain gawai
Melatonin merupakan hormon yang bertanggung jawab terhadap siklus tidur dan bangun pada tubuh seseorang. Kadar melatonin yang rendah dapat membuat tidur Anda kurang berkualitas. Cahaya biru dari ponsel dapat menurunkan kadar melatonin. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari bermain ponsel sebelum tidur.
  1. Mengonsumsi kafein
Mengonsumsi minuman mengandung kafein sebelum tidur perlu dihindari. Kafein akan membuat Anda terjaga, detak jantung cepat, adrenalin meningkat, dan merasa semangat. Hal itu tentu menyebabkan Anda sulit tidur. Kafein terdapat dalam beberapa jenis minuman seperti kopi, teh, cokelat, bahkan soda. Parahnya lagi, kafein bahkan dapat bertahan 12 jam di tubuh sehingga Anda lebih baik mengonsumsi kafein di pagi atau siang hari saja.
  1. Makan berat
Kebiasaan buruk sebelum tidur yang cukup sering dilakukan adalah makan makanan berat. Alasan yang sering digunakan adalah merasa lapar sebelum tidur. Padahal makan makanan berat terutama dalam porsi besar dapat menyebabkan asam lambung naik, meningkatkan berat badan, serta menurunkan kualitas tidur.
Lambung harus bekerja ekstra ketika Anda tidur sebab terdapat penuh makanan di dalamnya padahal seharusnya lambung beristirahat ketika Anda tidur. Jika Anda sangat lapar mendekati jam tidur dan tidak dapat menahannya, konsumsi camilan sehat dalam porsi kecil seperti kiwi, pisang, atau yogurt. Beri jeda minimal setengah jam setelah konsumsi cemilan untuk berbaring kemudian tidur.

Apabila Anda sudah menghindari berbagai kebiasaan buruk sebelum tidur namun tetap sulit tidur di malam hari, cobalah berkonsultasi dengan dokter. Insomnia atau berbagai gangguan tidur yang berlangsung lama bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh dan mental. Selain memperhatikan pola tidur, kebiasaan hidup yang lain juga perlu diatur. Anda sebaiknya mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, olahraga secara teratur, serta belajar manajemen stres. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter secara gratis mengenai gangguan tidur yang dialami melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Unduh aplikasi SehatQ sekarang juga di App Store atau Google Play.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.