Berapa Lama Idealnya Waktu Pengajuan Klaim Asuransi Mobil?

MakinYakin

IndoForum Newbie F
Fasilitas pendaftaran asuransi mobil online menjadi bukti bahwa perusahaan yang bergerak di bidang asuransi kendaraan melakukan inovasi. Namun, apakah ini juga berhubungan dengan layanan yang berikan? Apakah pengajuan klaim juga bisa dilakukan secara online? Dan apakah pengajuan klaim bisa diproses lebih cepat?
Sayangnya, masih ada kelemahan di dalam hal ini. Tentu saja tidak semua perusahaan. Ada beberapa perusahaan asuransi yang masih lambat dalam memproses pengajuan klaim asuransi dari pelanggan.

Alasannya bisa bermacam-macam. Akan tetapi, harus diakui di sinilah hal yang perlu segera dibenahi.
Itulah mengapa jika Anda ingin beli premi asuransi mobil online, jangan asal pilih. Pastikan dulu proses pengajuan klaim tidak berbelit-belit. Dan dana pertanggungan bisa segera cair.

Agar Klaim Asuransi Bisa Cepat Diproses
Sebenarnya, setiap perusahaan asuransi mobil memiliki prosedur yang berbeda-beda dalam hal memproses klaim. Makanya, lama waktu klaim asuransi juga berbeda-beda. Ada yang hanya dalam waktu beberapa hari. Namun, ada juga yang hingga berminggu-minggu.
Terlepas dari jangka waktu memprosesan klaim asuransi yang berbeda, ada hal yang perlu Anda perhatikan. Agar klaim asuransi segera diproses dan dana segera cair, berikut ini yagn perlu Anda lakukan.

Komunikasi Secara Langsung
Hal pertama dan paling utama yang perlu Anda lakukan adalah komunikasi. Anda perlu memilih asuransi mobil online yang memberikan layanan CS (Customer Servive) 24 jam. Ini penting agar kapan Anda tiba-tiba mengalami kecelakaan, Anda hubungi CS secara langsung.

Ini memang bukan bagian dari pengajuan klaim. Namun, menghubungi CS merupakan pemberikan notifikasi yang Anda lakukan kepada pihak asuransi. Setidaknya mereka tahu bahwa Anda mengalami kecelakaan. Mereka pun akan siap untuk memproses klaim asuransi mobil yang bakal Anda ajukan.

Siapkan Dokumen Lengkap
Apakah Anda tahu dokumen apa saja yang harus Anda lampirkan ketika mengajukan klaim asuransi? Di antaranya adalah fotokopi identitas, buku polis asuransi, foto kejadian, dan surat keterangan dari polisi.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan. Yaitu surat keterangan dari polisi. Ini penting untuk Anda ketahui karena banyak yang salah sangka dengan surat keterangan ini.

Banyak yang meminta surat keterangan dari polsek di mana mereka tinggi. Itu salah besar. Surat keterangan tersebut harus Anda dapatkan dari polisi di mana kecelakaan terjadi. Karena surat keterangan ini yang membuat perusahaan yakin tentang kejadian yang Anda alami.

Dari surat keterangan polisi tersebut, perusahaan tahu apa yang sebenarnya terjadi. Karena di dalam surat tersebut, ada hal-hal tentang kejadian yang dijelaskan, mulai dari kronologi, waktu kejadian, lokasi, dan lain sebagainya.

Surat keterangan dari polisi itupua yang akan dijadikan rujukan apakah pengendara akan diberi uang pertanggungan atau tidak. Bisa saja tidak jika terbukti pengemudi melanggar hukum yang menjadikan penanggungan asuransi batal.

Ajukan Klaim Secepat Mungkin
Semakin cepat Anda mengajukan klaim, semakin cepat pula klaim akan diproses. Dan semakin cepat dana pertanggungan bakal diberikan.

Bahkan, berbahaya jika Anda mengulur waktu pengajuan klaim. Bisa Anda dianggap berbohong karena Anda tidak mampu menyertakan dokuman dengan cepat.

Jika Anda mengajukan klaim hingga lewat masa yang ditentukan, klaim akan ditolak. Biasanya, pengajuan klaim dibatasi hingga maksimal 3 hari setelah kejadian. Tentu pembatasan waktu ini berbeda-beda di setiap perusahaan asuransi.

Jadi, bukan hanya premi murah saja yang Anda jadikan pertimbangan ketika memilih asuransi mobil online. Perhatikan juga syarat pengajuan klaim. Tanyakan kepada pihak asuransi berapa lama pengajuan klaim yang harus Anda lakukan jika terjadi kecelakaan.

Bagaimana Jika Klaim Asuransi Mobil Ditolak?
Tidak sedikit pengajuan klaim ditolak. Dan alasannya bermacam-macam. Ada yang disebabkan dokumen yang kurang lengkap. Biasanya, yang gagal untuk dilampirkan adalah surat keterangan dari polisi setempat.

Di sisi lain, ada juga yang dokumen sudah lengkap. Akan tetapi, klaim tetap ditolak. Bahkan, mobil sudah diperbaiki di bengkel rekanan. Hanya saja, biaya perbaikan tidak segera cair. Pemilik mobil akhirnya merogoh kocek sendiri.

Bagaimana jika itu terjadi pada Anda?
Sebenarnya, ada jalur hukum yang bisa Anda tempuh. Pertama-tama, Anda bisa layangkan surat kepada pihak perusahaan asuransi. Di dalam surat tersebut, Anda meminta penjelasan mengapa tidak ada kejelasan mengenai diterima atau tidaknya klaim.

Jika ternyata tidak ada tanggapan, Anda bisa membawa masalah ini ke persidangan. Dalam hal ini, Anda harus menunjuk pengacara.
Opsi kedua ini biasanya menjadi opsi yang terakhir dilakukan. Banyak orang yang mencoba untuk mengupayakan sekuat tenaga agar langkah pertama berhasil. Pasalnya, jika harus membawa masalah ke persidangan, butuh dana yang tidak sedikit.

Untuk menghindari hal buruk tersebut, harus dipastikaasn dulu Anda memilih asuransi mobil online yang kredibel. Lihat reputasi perusahaan tersebut.
Sekarang ini, Anda bisa asuransikan mobil Anda di Cek Premi. Di situs ini, hanya perusahaan asuransi yang terbaik yang akan Anda dapatkan.

Anda hanya perlu melakukan 4 hal. Pertama, lakukan simulasi. Ini semacam penghitungan berapa premi asuransi untuk mobil Anda.
Langkah yang kedua, isi formulir pendaftaran. Ada data diri dan juga data kendaraan yang harus Anda isikan di dalam formulir tersebut.

Langkah ketiga, lakukan pembayaran premi. Anda bisa bayar via transfer bank atau menggunakan kartu kredit.
Yang terakhir, tunggu di rumah. Karena surat polis asuransi Anda akan segera dikirim. Mudah, kan? Semenjak ada metode pengajuan asuransi mobil online, proses mengasuransikan mobil semakin cepat dan mudah.
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top