• Saat ini Anda mengakses IndoForum sebagai tamu, sehingga Anda tidak memiliki akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya tersedia bagi anggota. Dengan bergabung, Anda akan mendapatkan akses penuh untuk bertanya, mengirim pesan pribadi, mengikuti polling, dan menggunakan fitur-fitur lainnya. Proses pendaftaran sangat cepat, mudah, dan gratis.
    Silakan daftar dan validasi email Anda untuk mendapatkan akses penuh sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang valid dan periksa kotak masuk Anda setelah mendaftar untuk proses validasi.

Benarkah Susu Bikin Langsing?

Constantine

IndoForum Senior A
No. Urut
64676
Sejak
19 Feb 2009
Pesan
6.946
Nilai reaksi
320
Poin
83
Minum susu setidaknya 2 gelas sehari bisa kurangi berat badan hingga 12 kg selama setahun

Anggapan susu bisa bikin berat badan melambung ternyata tidak sepenuhnya benar. Penelitian terbaru yang dilakukan American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, mengonsumsi susu secara teratur justru bisa membantu program penurunan berat badan.

Hasil penelitian menyatakan, susu yang bebas lemak serta tinggi kalsium dan vitamin D dapat mengurangi bobot tubuh, terutama bagi Anda yang mengidap kelebihan berat badan (overweight), seperti dikutip dari laman Aol.com.

Pengujian yang dilakukan selama dua tahun tersebut juga menemukan fakta peminum susu memiliki keuntungan kesehatan yang lebih daripada orang yang jarang minum susu. Dalam penelitian ini, lebih dari 300 orang usia antara 40-65 tahun dengan kelebihan berat badan berpartisipasi.

Hasilnya, responden yang minum susu setidaknya dua gelas sehari bisa kehilangan rata-rata 12 kg selama setahun dibandingkan dari responden yang jarang minum susu atau tidak minum susu sama sekali. Setiap tambahan 6 ons susu atau produk susu (sekitar tiga perempat cangkir susu), dikaitkan dengan penurunan berat badan rata-rata sebesar 4,5 kg selama 6 bulan.

"Minum susu dapat membantu menghentikan diet dan merasa lapar. Cara ini bisa menekan nafsu makan, dan meredam keinginan ngemil makanan manis," kata Ahli gizi di California Utara, Dr Douglas Husbands.

Selain itu, mereka yang yang terbiasa mengonsumsi segelas susu, mampu menghindari godaan mengonsumsi minuman bersoda. "Dengan minum susu, bisa meredam keinginan seseorang minum minuman bersoda. Minuman bersoda dianggap sebagai 'biang keladi' berat badan melonjak, karena kandungan gulanya yang tinggi. Jadi, segelas susu tentu lebih baik daripada mengonsumsi soda," kata Husbands.

Para ahli juga mengungkapkan, tingginya kalsium dan kadar vitamin D pada susu bebas lemak tak hanya membawa dampak positif dalam keberhasilan penurunan berat badan, tapi juga kesehatan tubuh lainnya. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin D juga dapat membantu melindungi tubuh terhadap diabetes, hipertensi, penyakit jantung dan kanker.

Karena itu, pakar kesehatan menganjurkan agar tetap konsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, aktif dan minum susu bebas lemak tinggi kalsium dan vitamin D setiap hari. Tak hanya bikin langsing, tapi juga menjaga berat badan ideal.

• VIVAnews
 
wow baru tau gw kalau dgn minum susu juga bikin kita langsing
 
lumayan bisa turun 12 kg setahun berarti tiap bulan turun 1 kg..tapi kalau ngga olahraga2 tetep naik ya gan hehehe
 
cth susu rendah lemak gmn.............
lumayan tuk info ke tmn2............

kan ilmu bermanfaat...............
 
susu bikin sehat,
langsi kalau kita rajin mengolah tubuh dengan baik
 
wahh...
ini aq mnum susu malah pengen tambah gemuk.../heh
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.