• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Bayar Zakat Fitrah Menggunakan Beras Bansos, Apa Hukumnya?

Angela

IndoForum Junior E
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
1.584
Nilai reaksi
0
Poin
0
Bayar Zakat Fitrah Mengpakai Beras Bansos, Apa Hukumnya?

Assalamualaikum, GanSis!

Gimana puasa GanSis tahun ini?

Semoga lancar & mendapatkan pahala.

Pertama ane mau mengucapkan: Selamat Idul Fitri 1441H mohon maaf lahir batin, semoga kita semua diberikan kemenangan yg sesungguhnya.

Setelah sebulan kita berpuasa, kini tiba di penghujung ramadan. Saat ini adalah waktunya membayar zakat fitrah. Apa, sih, zakat fitrah itu?

Zakat fitrah adalah zakat yg bertujuan untuk menyucikan diri. Siapa yg wajib membayar zakat fitrah? Semua. Semua, baik kaya atau miskin, tua atau muda, bahkan bayi sekali pun yg beragama islam, di mana pada saat hari raya mereka memiliki makanan yg cukup untuk sehari semalam. Lalu, bagaimana kalau orang miskin yg cuma memiliki beras dari bantuan sosial?

Selama beras itu sama atau lebih baik kualitasnya dengan yg biasa kita makan sehari-hari & jumlahnya lebih dari kebutuhan makan di hari raya & malam harinya, maka wajib mengeluarkan zakat fitrah.

Lalu berapa jumlahnya?

Jumlah zakat fitrah yg wajib kita keluarkan adalah 4 mud atau 2,5 kg atau 3,5 liter. Zakat fitrah afdolnya adalah bahan pokok.

Kapan waktu membayar zakat fitrah?

1. Waktu yg diperbolehkan

Sejak awal ramadan, kita sudah boleh membayar zakat fitrah. Untuk itu masjid & tempat-tempat lain biasanya sudah membuka kesempatan bagi kita yg harap membayar zakat lebih awal. Iya, otu sah saja.

2. Waktu wajib.

Waktu wajib yaitu saat terbenamnya mentari di hari terakhir puasa, malam takbiran.

3. Waktu afdol.

Waktu paling utama membayar zakat fitrah adalah saat pagi hari sebelum khotib naik mimbar alias sebelum salat ied. Hanya saja, akan sangat rentan. Takutnya kita kesiangan bangun malah jadi terlewat.

4. Waktu makruh.

Yaitu setelah salat ied. Zakat fitrah tetap wajib dikeluarkan karena merupakan penyempurna puasa kita. Pahala puasa masih tergantung sebelum zakat fitrah dibayarkan.

Sekian sekilas informasi dari ane, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum.

Bayar Zakat Fitrah Mengpakai Beras Bansos, Apa Hukumnya?


Sumber:


Foto: ss hape.​
Kemarin 23:38
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Hubungi kami untuk memulai.
 URL Pendek:

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG

Atas.