• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Bahasa Indonesia termasuk bahasa paling bahagia di dunia

facebookeb

IndoForum Senior A
No. Urut
210735
Sejak
9 Jan 2013
Pesan
7.471
Nilai reaksi
96
Poin
48
Bahasa Indonesia yang sering dicibir oleh para pemakainya karena dianggap kalah keren dibanding bahasa Inggris atau bahasa lain, ternyata masuk dalam jajaran bahasa paling bahagia di dunia.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Jumat (13/2), hasil penelitian dari Universitas Vermont, Amerika Serikat, yang menghimpun miliaran basis data dari sepuluh bahasa paling populer di dunia menunjukkan bukti itu.

Penelitian itu menggunakan sumber dari Internet seperti Google Books, media sosial Twitter, alih bahasa di film, acara televisi, lirik lagu, koran the New York Times dalam bahasa Spanyol, China, Inggris, Prancis, Portugis, Arab, Indonesia, Korea, Rusia, dan Jerman.

Hasilnya menyatakan bahasa Indonesia menjadi bahasa nomor empat paling bahagia di muka bumi, setelah bahasa Spanyol, Portugis, Inggris.

Dari sumber-sumber tadi, para ahli mengumpulkan 10 ribu kata yang paling banyak dipakai di setiap bahasa dan mengkategorikannya sebagai positif atau negatif.

Misalnya, kata 'bohong' dan 'menangis' dinilai sebagai kata negatif. Sedangkan kata 'cinta' dan 'tawa' sebagai kata positif.

"Kata-kata dalam bahasa manusia mengandung bias positif. Kandungan emosi dari kata itu sama konsistennya di tiap bahasa," kata laporan dair penelitian itu.

Para peneliti itu menguji banyak kata dari berbagai bahasa. Mereka misalnya menguji analisa mereka ke sejumlah buku sastra klasik dari karya sastrawan terkenal seperti Moby Dick karya Herman Melville, Crime and Punishment (Fyodor Dostoyevsky) The Count of Monte Cristo (Alexander Dumas).

Berikut 10 besar bahasa paling bahagia di dunia

1. Spanyol
2. Portugis
3. Inggris
4. Indonesia
5. Prancis
6. Jerman
7. Arab
8. Rusia
9. Korea
10. China
 

ecallica

IndoForum Newbie D
No. Urut
285491
Sejak
16 Des 2015
Pesan
119
Nilai reaksi
1
Poin
18
Wah keren juga yaa...
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.