• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

Bagian Mana dari Monas yang Paling Diminati Orang?

pinnacullata

IndoForum Activist C
No. Urut
24506
Sejak
24 Okt 2007
Pesan
13.034
Nilai reaksi
224
Poin
63
Monumen Nasional atau yang populer disebut Monas adalah ikon Kota Jakarta. Belum lengkap rasanya jika mengunjungi Jakarta, tetapi tidak menyambangi monumen setinggi 115 meter itu. Namun, tidak semua bagian dari Monas diminati. Hanya bagian tertentu yang jadi pusat kunjungan.

"Ketinggian puncak Monas masih menjadi obyek paling diminati pengunjung dibanding obyek-obyek yang lain," ujar pengelola tugu Monas, Ageng Darminto, di Jakarta, akhir pekan ini.

Ageng yang menjabat sebagai Kasubag Unit Pelaksana Teknis Monas mengatakan, padahal monumen itu masih memiliki tempat atau obyek wisata lain yang layak dikunjungi oleh masyarakat.

Seperti ruang museum yang menceritakan napak tilas sejarah Indonesia, kemudian ruang kemerdekaan yang merupakan tempat dikumandangkan proklamasi oleh Presiden Soekarno dan pelataran cawan atau ruang yang memiliki arti dan lambang proklamasi.

"Sebenarnya puncak tugu Monas bukanlah obyek utama, sebagaimana tujuan dibangun monumen ini oleh pemerintah pada tahun 1961. Obyek utama monumen ini dibangun adalah untuk memaknai simbol bangsa ini melalui ketiga tempat itu," jelas dia.

Dewasa ini tugu Monas yang memiliki total ketinggian sekitar 130 meter dan 14 meter di antaranya tugu perunggu berlapis emas masih menjadi salah satu obyek wisata menarik bagi wisatawan mancanegara dan domestik.

Pada akhir pekan atau libur hari besar keagamaan rata-rata sedikitnya sekitar 6.000 orang mendatangi monumen itu dan sebagian besar di antaranya rela mengantre untuk menaiki puncak tugu menggunakan lift yang disediakan.

Sukriadi, (28) warga Bekasi, Jawa Barat, mengaku sengaja menghabiskan waktu liburan bersama keluarga hanya untuk melihat Kota Jakarta dari ketinggian yang dimiliki tugu Monas.

"Di atas kita bisa mengamati Kota Jakarta dengan angin sepoi-sepoi dan sambil berfoto dengan kamera yang kami bawa," ujar dia.

Kawasan Monas memiliki total luas 80 hektar, dan 12 hektar di antaranya diduduki menjadi Stasiun Kereta Api Gambir. Pada masing-masing sisi pinggir monumen itu ditanami pepohonan rindang dan sebagian kawasan dijadikan tempat untuk olahraga bagi warga.


==============
Kompas
 

BartSimpsons08

IndoForum Junior E
No. Urut
66462
Sejak
15 Mar 2009
Pesan
1.639
Nilai reaksi
39
Poin
48
Seperti ruang museum yang menceritakan napak tilas sejarah Indonesia, kemudian ruang kemerdekaan yang merupakan tempat dikumandangkan proklamasi oleh Presiden Soekarno dan pelataran cawan atau ruang yang memiliki arti dan lambang proklamasi.
jadi inget jaman kecil diajak bokap, ternganga dgrin suara aslinya Bung Karno di ruangan ntu /hmm anak sekarang masih sering ada kunjungan wajib selain wisata nya ga ya/hmm

nice share Sis :-bd
 

omndut

IndoForum Junior E
No. Urut
71886
Sejak
31 Mei 2009
Pesan
1.531
Nilai reaksi
10
Poin
38
Amit...Amit...
Anak Bagong mau post...

Sy blum pernah nyobak lht sekeliling jakarta dr monas...../swt
indah kali yah....../ok
Nais info & Keep Posting....... /no1
Grazie...... /thx /thx /thx
 

indieraa

IndoForum Newbie E
No. Urut
73620
Sejak
19 Jun 2009
Pesan
64
Nilai reaksi
0
Poin
6
enak sih di atasnya, y tu puncak. apa aja keliatan tp dah kapok kesana! hape ak wkt itu nyariiss aja jatoh.
monas tu serem2 kecuali museumnya. cawan, wkt itu ak lg pilek n saputangan ak terbang. haaduu .. di mobil abis deh tisu 5 biji.
 

tamanbermain

IndoForum Beginner A
No. Urut
72853
Sejak
10 Jun 2009
Pesan
1.092
Nilai reaksi
1
Poin
38
pernah ke atas.. angin nya guedhe banget..
 

dunial4in

IndoForum Beginner A
No. Urut
57156
Sejak
15 Nov 2008
Pesan
1.230
Nilai reaksi
6
Poin
38
tarif masuk monas sekarang berapa ya ?
klo hari - hari biasa, bukan libur
objek wisata monas ini buka dari jam berapa ya ?
thanks
 

ArRay

IndoForum Senior C
No. Urut
98490
Sejak
1 Jun 2010
Pesan
5.107
Nilai reaksi
142
Poin
63
bener tuh paling yang paling di minati puncaknya agan
 

suflame

IndoForum Junior C
No. Urut
103079
Sejak
18 Agt 2010
Pesan
2.199
Nilai reaksi
96
Poin
48
Monumen Nasional............................paling keren kalo dah sampe atas,,,,bisa lihat pemandngan/gg............sama emasnya yang diatas tuh,,,berpa kilo ya???....:)
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.