• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Asus Zenfone Selfie, smartphone handal berkamera depan 13MP

Irva Reva

IndoForum Newbie C
No. Urut
284469
Sejak
20 Mar 2015
Pesan
129
Nilai reaksi
3
Poin
18
Asus ZenFone Selfie merupakan seri ZenFone (kode: ZD551KL) yang baru release di pasar Indonesia di penghujung tahun 2015. Asus ZenFone Selfie (ZD551KL) yang memiliki ukuran 5,5 inci ini mengusung fitur andalan kamera depan sebesar 13 megapixel + dual lampu flash real tone LED.

Desain dan spesifikasi

Asus ZenFone Selfie (ZD551KL), memiliki dimensi 156.5 x 77.2 x 10.8 mm dan berat 170 gram. Bagian depan smartphone ini terbuat dari material Corning Gorilla Glass 4 yang tahan gores sedangkan bagian belakang penutup body terbuat dari plastik dengan beberapa pilihan warna dengan design melengkung dan terasa bertekstur saat dipegang sehingga tidak terasa licin.

Pada sisi atas terdapat tombol power (tepat di atas kamera) dan rocker volume button ada di sisi bagian belakang tepat di bawah kamera, cukup merepotkan karena penempatan ini tidak umum.

Layar dan display Asus ZenFone Selfie (ZD551KL) memiliki resolusi full HD 1080p dan kedalaman warna 403ppi, cukup memanjakan mata, apa yang ditampilkan pada layar semua terlihat tajam dan halus.

Untuk prosessor, Asus ZenFone Selfie (ZD551KL) dibekali dengan 64-bit Qualcomm Snapdragon 615 untuk chipset, quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.1 GHz Cortex-A53 untuk prosesor dan Adreno 405 grafis cukup bertenaga untuk kebutuhan sehari-hari untuk melayani OS Android lollipop 5.0.2 dengan interface ZenUi dengan berbagai apps bawaan yang sebenarnya kita tidak butuh-butuh amat.
Bagi yang tidak begitu suka interface bawaan pabrik, cukup instal google launcher, ZenFone terasa bersih dan google banget. Yang terpenting rajin-jain saja membersihkan memory dan membunuh aneka apps yang tidak esensial untuk berjalan.

Sedangkan ruang simpan Asus ZenFone Selfie (ZD551KL) memiliki 2 pilihan, dari seri yang 16 GB dengan RAM 2 GB dan seri 32 GB dengan RAM 3 GB, dengan slot micro SD yang bisa diperbesar sampai dengan 128 GB, dan Asus juga memberikan lifetime cloud storing service sebesar 5 GB yang cukup memuaskan.

Kamera

Sesuai dengan brand yang diusung Asus ZenFone Selfie (ZD551KL), memang smartphone yang memanjakan buat mereka yang hobi selfie, Sama-sama menggunakan sensor sebesar 13 megapixel kamera depan dan belakang Asus ZenFone Selfie ini hanya berbeda 0.2 point untuk aperturenya.

Hasilnya memang lebih tajam kamera belakang yang memiliki f 2.0 namun kamera depan yang ber-aperture sebesar f/2.2, dengan cahaya yang cukup, mampu membuat selfie setajam kamera belakang dan cukup buas untuk front face kamera .

Kualitas foto yang dihasilkan oleh Asus ZenFone Selfie (ZD551KL) baik kamera depan dan belakang cukup mengesankan tidak kalah dengan hasil kamera smartphone yang harganya 2x lipat dari ZenFone Selfie.

Mengambil foto Asus ZenFone Selfie (ZD551KL) cukup menyenangkan pindah fokus dengan pin point bisa dilakukan dengan sangat cepat tak hanya itu beberapa fitur pengaturan sesuai tema pun juga sangat membantu saat kita mengambil foto sesuai dengan model yang kita inginkan, seperti model Depth Field yang memungkin kita mengambil gambar detail objek yang kita inginkan dengan mengabaikan object sekitar.


Penggunaan sehari-hari

Untuk urusan sehari hari, penggunaan Asus ZenFone Selfie yang mengusung Android Lollipop ini cukup memuaskan. Baca e-mail, pindah ke social network (path, facebook, twitter, instagram, vine dan youtube) hampir tak ada masalah.

Fitur dual sim card berkemampuan LTE milik Asus ZenFone Selfie ini merupakan fitur krusial di era paket data seperti ini, seperti saya menggunakan dual simcard satu untuk langganan data LTE pahe dan satu untuk nomer yang digunakan untuk menelepon dan data cadangan koneksi, merupakan strategi survival agar tetap bisa online setiap saat.

Kualitas baik baterai 3000 mAh membuat pemakaian reguler untuk smartphone dengan layar sebesar itu mampu bertahan selama 2 hari. Absennya fitur NFC di ZenFone Selfie kali ini bukan lah masalah besar bagi pengguna umum di Indonesia untuk saat ini (kecuali nanti bayar busway sudah bisa menggunakan NFC). Sayangnya, penempatan button (atas kamera depan) dan rocker volume (bawah kamera belakang) tidak terlalu umum dan cukup merepotkan.

Rekomendasi akhir

Untuk smartphone harga 3 jutaan, ZenFone Selfie (ZD551KL) hampir tak ada saingan. Semua yang diinginkan untuk sebuah smartphone Android kelas menengah ada pada ZenFone Selfie ini. Mulai dari harga, kualitas foto, kualitas layar, ruang simpan lega dan mampu di expand , LTE, dual sim card semuanya ada.

Bagi anda yang berniat membeli smartphone budget kelas menengah, Asus ZenFone Selfie (ZD551KL) susah untuk anda lewatkan. Salah satu pertimbangan, bagi anda yang suka stock OS bawaan, Asus berniat memberikan update Marshmallow untuk seri ini juga nanti, menarik bukan?
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.