asta brata

waren

IndoForum Newbie D
1. Indra Brata
Seorang pemimpin hendaknya seperti hujan yaitu senantiasa mengusahakan kemakmuran bagi rakyatnya dan dalam setiap tindakannya dapat membawa kesejukan dan penuh kewibawaan.
2. Yama Brata
Pemimpin hendaknya meneladani sifat-sifat Dewa Yama, yaitu berani menegakkan keadilan menurut hukum atau peraturan yang berlaku demi mengayomi masyarakat.
3. Surya Brata
Pemimpin hendaknya memiliki sifat-sifat seperti Matahari (surya) yang mampu memberikan semangat dan kekuatan pada kehidupan yang penuh dinamika dan sebagai sumber energi.
4. Candra Brata
Pemimpin hendaknya memiliki sifat-sifat seperti bulan yaitu mampu memberikan penerangan bagi rakyatnya yang berada dalam kegelapan/kebodohan dengan menampilkan wajah yang penuh kesejukan dan penuh simpati sehingga masyarakatnya merasa tentram dan hidup nyaman.
5. Vayu Brata (maruta)
Pemimpin hendaknya ibarat angin, senantiasa berada di tengah-tengah masyarakatnya, memberikan kesegaran dan selalu turun ke bawah untuk mengenal denyut kehidupan masyarakat yang dipimpinnya.
6. Bhumi (Danada)
Pemimpin hendaknya memiliki sifat-sifat utama dari bumi yaitu teguh, menjadi landasan berpijak dan memberi segala yang dimiliki untuk kesejahteraan masyarakatnya.
7. Varuna Brata
Pemimpin hendaknya bersifat seperti samudra yaitu memiliki wawasan yang luas, mampu mengatasi setiap gejolak (riak) dengan baik, penuh kearifan dan kebijaksanaan.
8. Agni Brata
Pemimpin hendaknya memiliki sifat mulia dari api yaitu mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan, tetap teguh dan tegak dalam prinsip dan menindak/menghanguskan yang bersalah tanpa pilih kasih.
tampaknya jk wiranto memenuhi 7 dari 8 kriteria ini:):)
 

goesdun

IndoForum Junior A
Kalau negara ini ingin baik, tidaklah sulit bagi seorang pemimpin.
Cukup melaksanakan Agama, Ugama dan Igama.

Agama adalah agama Hindu yang kaya akan falsafah dan mythologi serta ajaran-ajarannya karena ia merupakan perpaduan yang serasi antara Hinduisme dan unsur kebudayaan asli.

Ugama adalah pelaksanan dari ajaran agama di bidang upacara dan upakara. Kemudian menimbulkan adanya seni tari, seni sastra, seni krawitan, seni ukir dan seni budaya yang lainnya.

Igama adalah ajaran ketata susilaan bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat.


Dalam pengendalian diri wajib menjalankan Asta Dasa Berata Pramiteng Prabu artinya 18 (delapan belas) kewajiban pokok pengendalian diri seorang pemimpin.
 

AHIMSA

IndoForum Newbie F
Namaste,
Asta Brata adalah model kepemimpinan Hindu (Hindu Leadership). Ajaran-ajaran mulia ini patut dipahami oleh seorang pemimpin Hindu, baik pemimpin keluarga, pemimpin masyarakat, pemimpin politik, pemerintahan, dll. Dengan mengikuti model kepemimpinan ini, niscaya seorang pemimpin Hindu akan disegani di dalam masyarakat. Sekarang terpulang kepada individu masing-masing untuk menerapkannya di tengah masyarakat.

AHIMSA
menolak segala bentuk kekerasan riil dan virtual
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top