• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[ask] cara bandrek karbu glpro d pasang ke kharisma ?

jathzuke

IndoForum Junior D
No. Urut
856
Sejak
29 Apr 2006
Pesan
1.872
Nilai reaksi
50
Poin
48
caranya gmn ya ?
kalo karbu glpro pake manipolnya gmn ?
cara ngakalinnya gmn ?
soalnya kata tukang las, itu besi manipol ga bisa d las, sebabnya itu besi cor cor-an. lah itu gmn tuh ?

kalo ganti karbu glpro, motor kharisma gw harus d tune up ?
oversise seker kah ?

kira2 abis brp ya ?

and kira2 d ganti karbu apa ya selain glpro / king yg lumayan kenceng tp ga perlu tune up. ( Jangan yang kharisma juga /swt )
 
kalo pake karbu RXxxx,
1. siapin manipol atasnya yang gundul. (manipol atasnya polos gak ada lubang baut karbu.
2. terus cari "karet selang" yang seukuran lobang karbu (biasanya ada di onderdil mobil, warnanya hitam, keras, tahan panas)
3. nah pas pasin ama karbu-manipol.
anggap aja kayak sambungan antara manipol dan karbu..
4. terus kencengin dah ama klem yang dari seng...

udah.. :D
 
kayaknya nggak apa2 deh bro, tapi coba tunggu jawaban dari bro riefzu dulu, yg sudah ahli ;)
 
takutnya nanti ga kuat mesinnya kalo d ganti karbunya /sob
 
sepengetahuanku sih gpp..
yang penting setingan angin dikarbu disesuain ama gas buang..(gak brebet gitu..)
oia lupa, lebih sipp kalo gak usah dipasang filter...
sipp lagi kalo daleman manipolnya di halusin, diamplas biar bensin turunnya lebih lancar.

konsekuensinya cuma super boros...
tapi keren bunyinya...sangar..
coba aja...
:D
 
^
kena polisi juga manteb dong

knalpot udah gw ganti

apa suaranya tambah keras jg ?
 
sangar gak berarti nyaring n keras, hingar bingar dll.
pake knalpot aslinya aja..
yang bunyi ntar di karbunya itu..

kayak bunyi orang nafas kena penyakit paru-paru....grr..grrr..grrr
hehehe..:D
tapi itu juga kalo langsam..
kalo gak sih, paling bentar2 mati.

mantap lagi dibikin kopling setengah..(gak ngerti khan??) sama!!
(cuma bisa make..hehe)
ini juga kalo masih pake perseneling kaki. (bukan kopling tangan/setang)
 
1/2 kopling itu gigi di injek tp ga sampe masuk ?

enggggg
knalpot udah gw ganti AHRP /swt
 
bukan, itu mah maenin kopling.

ini setingan kopling emang dibikin setengah.
jadi kalo gak pas antara gas dan nginjeknya, gigi gak masuk..

kurang tau juga sih apanya yang "diobrak-abrik" didalam persenelingnya.
kemaren aja tau dari bengkel, n udah dibikin kayak gitu.
susah make-nya kalo lum biasa.
paling2 masuk gigi 1 gak bisa masuk gigi 2. :D
tapi enaak, gigi 3 -4 masih bisa standing.
tapi kalo mau sekalian aja mesinnya di "rubah total" hehehe

pesan:
1. bila masih sayang motor, jangan ikutin.
2. bila bukan mekanik kepercayaan dan terpercaya, mending gak usah.
3. check seting mesin motor harus berkala, super maksimal 2 minggu sekali.
 
kemaren sih (2005) sekitar 500 ribu udah sama tune up (terima beres semuanya). tapi dijogja, ama mekanik temen sendiri.

tapi gak lama make-nya, males, boros (bensin ama perawatan), maklum anak kost.. :)
n bikin gila. maunya ngebut trs. pantang "dipanas-panasin".

sekitar 3 bulan di"standarisasi" lagi. :D:D
motornya kemaren, vega tahun 2000 (merah).
 
emmmmm
kalo kharisma d kasi karbu king itu harus d tune up ?
takutnya mesin ga kuat. gmn ?
 
emmmmm
kalo kharisma d kasi karbu king itu harus d tune up ?
takutnya mesin ga kuat. gmn ?

Ola brother, mo bantuin jawab aja ya. keknya anda masih bingung. euheuhuhhe.
Bgini brother, setau saya, karburator hanyalah sebuah tempat dimana bensin dan udara dicampurkan sebelum di semprotkan ke dalam silinder mesin, yang kemudian di patik sama api busi yang menyala berdasarkan sensor pulser, yang kemudian ledakannya mendorong piston(sekher) nah dari piston ini lah ada yang namanya lengan piston yang akan mendorong bla bla bla bla(ini dah mekanis gerak)
Nah, apabila ganti karbu harus Oversize piston? jawabannya tidak selalu. misalkan anda pake karbu 30mm misalkan, nah anda tak perlu OS(oversize), cukup kecilkan saja ukuran jettingnya(main jet dan pilot jet terutama). hal ini dimaksudkan agar bensin yang masuk tidak terlalu banyak(yang nanti berakibat mbrebet) atau terlalu sedikit(yang nantinya motor anda akan nembak2).
Contoh seperti ini :
karbu yang dipakai tiger keihin 26mm, pilot jet bawaan : 38, main jet bawaan : 122.
nah mo dipasang ke kharisma, ya udah coba aja dulu settingan misalkan 30-115. nah orang bengkel yang bener, tuh tau settingannya. klo mo periksa sendiri ya perhatikan aja ujung busi anda. setelah di pakai, coba kluarkan businya, lalu liat kepalanya, klo hitam pekat, artinya kebanyakan bensin, klo putih kekurangan. klo warna merah bata baru bener :D. tapi ati2, busi panas :D :D :D

lalu apakah perlu di tune up? jawabannya juga tidak harus. maksud tune up lagian apa dulu? jika porting ya lebih baik lakukan saja, toh berguna buat memperlancar aliran bensin nya. atau mo ganti per klep, atau payung klep yang berukuran lebih besar, tentu lebih ok. atau ganti CDI kompetisi yang derajat pengapiannya lebih maju.

Nah pertanyaannya :
apa mo cuman ganti karbu saja atau mo bikin mesin lebih maximal? :D :D :D :D
 
maximal /heh
tp budget tipis...
tune up = korek ?
 
maximal /heh
tp budget tipis...
tune up = korek ?

budget nya mank brapa?
sekedar info aja:
karbu RX-king baru sekitar 400K-an
manifold nya sekitar 150K(kurang tau juga pastinya, mgk bisa lebih murah)
CDI sekitar 375 - 400an
tune-up/korek seh tergantung mo diapain dulu mesinnya. klo mo port and polish mgk gak sampe 300an.
heuheuhuehuhe.
mgk setiap bengkel ongkosnya beda loh.
:D
 
mending cari karbu RX bekas aja, trs manipol yg imitasi juga bagus koq. lagian tu manipol juga harus di ubah2 dikit biar pas ama karbu.
vegaku kemaren, karbu RX bekas original (200ribu), manipol (20 ribu). nah beli ini itu, kesana-kesini, jajan (ongkos) mekanik dll. yah sekitar 500 ribuanlah.
hehehe...ama temen sendiri sih.. :D
 
@tas
klw mw sich beli yang baru aja dari pada yang bekas.

tapi enakan beli karbu oval merknya keihin pake yang 24 aja penampungannya gede harganya ga sampe jual tanah kuq
 
g juga setuju klo beli baru. soalnya klo takut bekas takutnya drat untuk jetting dah aus. repot lagi tuh :D :D :D. toh gak mahal2 amat yang baru :D. kecuali anda mo beli bangsa FCR :D :D
 
caranya gmn ya ?
kalo karbu glpro pake manipolnya gmn ?
cara ngakalinnya gmn ?
soalnya kata tukang las, itu besi manipol ga bisa d las, sebabnya itu besi cor cor-an. lah itu gmn tuh ?

kalo ganti karbu glpro, motor kharisma gw harus d tune up ?
oversise seker kah ?

kira2 abis brp ya ?

and kira2 d ganti karbu apa ya selain glpro / king yg lumayan kenceng tp ga perlu tune up. ( Jangan yang kharisma juga /swt )

bro.saran aja nih.
mendingan beli aja yang langsung jadi.ga usah maen akal2an.maen aka2lannya tar kl udah kebeli sperepart(yang bukan hasil dari akalan).
nah kl udah ada kerusakan baru mulai diakalin.jangan maen akal aja dari pertama.itu saran aja.kl emang lu mau ngeriset jangan nanggung2.kl ragu/coba2/iseng mendingan ga usah.
gw pernah ngalamin ndiri.pertama gw pengen motor kenceng tapi dgn sedikit modal.maunya sih biar irit.eh..taunya malah orot2:D
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.