cks2809
IndoForum Junior D
- No. Urut
- 7702
- Sejak
- 9 Okt 2006
- Pesan
- 2.030
- Nilai reaksi
- 104
- Poin
- 63
Klakson di motor, kerap dianggap remeh. Padahal fungsinya fital! Misal, memberi tanda kepada pejalan kaki atau pengendara lain. Kalau salah satu sumber suara itu ngambek tak bersuara, cukup periksa tiga bagian.
“Pertama, bisa mulai dari sambungan kabel,” ujar Kardi, pemilik bengkel Kardi Mulia Motor di Kp. Utan, Ciputat, Tangerang. Maksudnya, Anda kudu periksa sambungan soket kabel di klakson itu sendiri (gbr.1).
Kalau sambungan soket itu lepas tentu listrik nggak nyambung ke klason. “Jangankan terlepas, kendur pun suaranya bisa ada atau enggak ada sama sekali,” tambah ayah dua anak ini.
Jika sambungan kabel sudah dalam posisi benar tapi tetap tak mau bunyi, lanjutkan periksa kerenggangan platina yang ada di klason. Caranya mudah! Tidak usah membuka dalaman bel, tapi cukup setel kerenggangan lewat baut setelan yang ada di klason (gbr. 2).
“Untuk tipe yang pakai platina, harus cari setelan yang pas,” wanti Kardi. Soalnya, kalau setelan terlalu renggang suara malah sember. Begitu juga sebaliknya, jika terlalu rapat malah enggak bunyi.
Usai kedua langkah di atas dilakukan tapi tetap enggak bunyi, lakukan langkah terakhir dengan memeriksa kondisi sakelar (gbr. 3). Menurut pria yang sempat menjadi salah satu kepala bengkel Yamaha di Pondok Pinang, Jakarta Selatan ini, jika sakelar aus maka arus masa berkurang.
Oh iya, semua langkah ini dilakukan dengan pertimbangan kondisi aki di motor dalam kondisi sehat ya! Kalau tidak, ya sama juga bohong dong. Soalnya jika aki soak, klakson juga ikut begitu!
Source: Motor Plus Online

“Pertama, bisa mulai dari sambungan kabel,” ujar Kardi, pemilik bengkel Kardi Mulia Motor di Kp. Utan, Ciputat, Tangerang. Maksudnya, Anda kudu periksa sambungan soket kabel di klakson itu sendiri (gbr.1).
Kalau sambungan soket itu lepas tentu listrik nggak nyambung ke klason. “Jangankan terlepas, kendur pun suaranya bisa ada atau enggak ada sama sekali,” tambah ayah dua anak ini.

Jika sambungan kabel sudah dalam posisi benar tapi tetap tak mau bunyi, lanjutkan periksa kerenggangan platina yang ada di klason. Caranya mudah! Tidak usah membuka dalaman bel, tapi cukup setel kerenggangan lewat baut setelan yang ada di klason (gbr. 2).
“Untuk tipe yang pakai platina, harus cari setelan yang pas,” wanti Kardi. Soalnya, kalau setelan terlalu renggang suara malah sember. Begitu juga sebaliknya, jika terlalu rapat malah enggak bunyi.

Usai kedua langkah di atas dilakukan tapi tetap enggak bunyi, lakukan langkah terakhir dengan memeriksa kondisi sakelar (gbr. 3). Menurut pria yang sempat menjadi salah satu kepala bengkel Yamaha di Pondok Pinang, Jakarta Selatan ini, jika sakelar aus maka arus masa berkurang.
Oh iya, semua langkah ini dilakukan dengan pertimbangan kondisi aki di motor dalam kondisi sehat ya! Kalau tidak, ya sama juga bohong dong. Soalnya jika aki soak, klakson juga ikut begitu!
Source: Motor Plus Online