Politik Apakah Saat Ini Al-Qaeda Sudah Menang?

Discussion in 'Gossip, Berita & Politik' started by politik, 15 Sep 2018 at 11:17.

  1. politik

    politik IndoForum Newbie D

    No. Urut:
    288509
    Joined:
    14 May 2018
    Messages:
    72
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Momen peringatan 9/11 lalu membuat kita bertanya-tanya, bagaimana kemajuan Amerika dalam melawan jihadisme, dan khususnya, Al-Qaeda? Apakah Al-Qaeda sudah menang? Pada titik ini, Al-Qaeda belum menang dan tidak menang. Tetapi rakyat Amerika harus selalu ingat bahwa hasil akhirnya masih belum pasti. Strategi Nasional Penanggulangan Terorisme Presiden Bush tahun 2006 dengan jelas menyatakan bahwa “Perang Melawan Teror akan menjadi perang yang panjang.” Kesabaran adalah hal yang dibutuhkan rakyat Amerika saat ini.

    Oleh: Steven Metz (World Politics Review)

    Peringatan 9/11 telah menjadi kesempatan tahunan untuk bercermin, bagi rakyat Amerika untuk menilai di mana posisi mereka, tidak hanya dalam konflik yang sedang berlangsung dengan jihadisme kekerasan, tetapi lebih luas sebagai sebuah bangsa.

    Satu hal yang menonjol tahun ini: Rakyat Amerika lebih pesimis tentang perjuangan melawan al-Qaeda dan cabangnya daripada kapan pun sejak 11 September 2001.

    Sebenarnya, itu bisa dimengerti. Amerika Serikat (AS) masih terperosok di Afghanistan dan Irak tanpa adanya tanda kemenangan. Jihadisme bertahan di banyak bagian dunia Islam, dan bahkan menyebar ke daerah-daerah baru. Jihadisme terus menarik anggota baru. Bahkan, al-Qaeda mungkin lebih kuat dari sebelumnya.

    Di dalam negeri, Amerika Serikat terpecah karena bipartisan yang berlebihan, tribalisme politik, dan perang budaya yang meningkat. Sejak 9/11, Amerika Serikat telah menghabiskan sekitar $2,8 triliun untuk kontraterorisme, yang menambah defisit anggaran federal yang sangat besar. Dan tidak ada akhir yang terlihat.

    Semua ini telah membuat beberapa orang Amerika menyimpulkan bahwa al-Qaeda hampir menang, atau sudah menang. Kenyataannya, lebih bernuansa dan kompleks. Bisa dilihat bahwa walau Amerika Serikat membuat kesalahan besar dalam konfliknya dengan jihadisme yang kejam, namun sebagian besar berhasil.

    Untuk memahami itu, kita perlu membongkar strategi al-Qaeda. Penilaian bersih dari konflik ini harus mempertimbangkan apa yang para ekstremis harapkan. Al-Qaeda adalah gerakan revolusioner, berusaha menghancurkan apa yang dianggapnya sebagai sistem ekonomi dan politik global yang didominasi AS, mengusir pengaruh Barat dari dunia Islam yang didefinisikan secara historis, dan menciptakan kembali versi kekhalifahan Islam yang berkuasa seribu tahun lalu, meskipun ini lebih merupakan fantasi dari Osama bin Laden.

    Baca Artikel Selengkapnya di sini

Share This Page


Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact Us untuk memulai.

JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG