Apa penyebab rem motor berbunyi saat diinjak?

facebookeb

IndoForum Senior A
Pernah mendengar motor di jalan raya yang remnya berbunyi saat diinjak? Atau justru motor Anda yang mengalami hal 'menjijikkan' itu?

Ya, mungkin sudah banyak dijumpai kasus yang semacam ini. Rem motor yang kalau diinjak bikin telinga geli. Bunyi berdecit dari rem benar-benar mengganggu. Lantas mengapa hal itu terjadi? Ada banyak faktor mengapa rem berbunyi saat diinjak. Berikut penyebabnya:

1. Kampas rem sudah tipis
Kampas rem yang sudah tipis dan dibiarkan saja akan menimbulkan bunyi berdecit saat diinjak. Hal tersebut disebabkan oleh gesekan logam kampas rem dengan disc brake atau piringan.

Cara tepat untuk mengatasinya: BELI BARU.

Sebab, jika kampas rem sudah habis tidak ada cara lain untuk bertahan. Jangan menyepelekan hal ini. Pasalnya, rem merupakan salah satu komponen yang menunjang keselamatan berkendara Anda.

2. Piringan tidak rata
Ausnya piringan bisa disebabkan oleh pemakaian atau umur yang sudah lama. Sehingga permukaan piringan atau desc brake menjadi tidak rata. Besar kemungkinan akan menimbulkan bunyi saat rem diinjak.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pembubutan pada permukaan disc brake. Namun jika disc brake sudah terlalu tipis sebaiknya dilakukan penggantian.

3. Kotor
Masuknya benda asing seperti kotoran dan debu pada kampas rem juga dapat menimbulkan bunyi yang mengganggu saat rem diinjak. Ketika Anda mengendarai kendaraan pada saat hujan cipratan dari debu atau kotoran bisa mengalir masuk ke kampas rem. Bisa juga disebabkan saat Anda melintasi jalanan yang berdebu atau berpasir.

Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan amplas, namun jangan terlalu lama menggosok, karena akan membuat kampas jadi semakin tipis. Gosok perlahan hanya untuk membersihkan saja.

Semoga bermanfaat!
 

Pasang iklan disini dapat menyebabkan produk dikenal, omzet naik, keuntungan bertambah, good investment dan brand image. Contact us untuk memulai.
Top