Angela
IndoForum Addict A
- No. Urut
- 88
- Sejak
- 25 Mar 2006
- Pesan
- 41.710
- Nilai reaksi
- 23
- Poin
- 0
Hola Agan & Sista! Selamat pagi, siang, sore & malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar keunggulan bus bermesin belakang & bermesin depan.
sumber gambar
Jika Gansis membandingkan bus-bus yg ada di Indonesia, atau mungkin melihat product list suatu produsen bus, Gansis akan menemukan bahwa bus-bus di Indonesia & produk dari suatu produsen bus ada yg memiliki posisi mesin didepan, & ada yg memiliki mesin dengan posisi dibelakang.
Mungkin, Gansis akan bertanya-tanya, apa sih kelebihan bus bermesin belakang dibanding bus bermesin depan? Apakah cuma di posisi mesin saja, atau ada yg lain?
sumber gambar
Nah, setiap barang yg dikomparasikan tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu, di thread ini ane akan bahas beberapa kelebihan bus dengan posisi mesin di belakang, ketimbang bus dengan posisi mesin di depan.
Karena memiliki mesin yg posisinya di belakang, tentu suara mesin tak akan terlalu masuk ke kabin, terlebih apabila duduk di depan. Karena memang, jarak antara posisi duduk kita dengan mesin lebih jauh.
Tentunya, dengan ini, kabin akan jadi lebih hening & senyap. Kabin yg lebih hening & senyap menghasilkan tingkat kenyamanan yg lebih tinggi lagi dibanding mesin depan.
sumber gambar
Coba saja bandingkan mobil-mobil yg mesinnya ada di depan, dibawah kap mesin dibanding di bawah jok penumpang row pertama. Tentunya, mobil yg mesinnya dibawah kap mesin akan lebih hening dibanding yg mesinnya dibawah jok. Atau sedan yg mesinnya ada di belakang, akan lebih hening pula.
Salah satu alasan mengapa aturan yg melarang pintu pengemudi pada bus cuma benar-benar dilarang pada bus bermesin belakang (CMIIW) adalah karena sulitnya akses dari pintu penumpang depan ke kokpit.
Bagaimana tidak, pada bus akbar dengan mesin I6 yg sangat besar, dengan turbo & intercooler serta komponen lainnya yg berada di depan tentu karoseri harus memberikan ruang mesin yg berupa "kuburan", dengan ukuran yg cukup akbar pula.
sumber gambar
Pada bus bermesin belakang, karena posisi mesinnya ada di belakang tentu tak memiliki kuburan yg menghalangi akses dari pintu penumpang depan ke kokpit pengemudi. Alhasil, akses dari pintu penumpang ke kokpit akan jauh lebih mudah.
Bus-bus premium di Indonesia sejauh ini setahu ane semua memakai mesin belakang. Hal ini tentu menambah prestige dari bus bermesin belakang, selain harganya yg lebih mahal & biasanya dipakai untuk kelas non Ekonomi.
Sementara, bus bermesin depan sering dipakai untuk armada bus Ekonomi, sehingga citra dari bus bermesin depan di beberapa akbar orang tak sebagus bus bermesin belakang Gansis.
sumber gambar
Sehingga, prestige dari bus bermesin belakang lebih tinggi dibanding bus bermesin depan. Karena alasan-alasan yg ane tulis diatas tadi, harga yg lebih mahal, biasa dipakai untuk kelas non ekonomi, & lain-lain.
Bus bermesin belakang lebih mudah untuk di-maintenance karena memang ruang mesinnya lebih besar. Selain itu, mesin & komponen lain di bus bermesin belakang lebih mudah diraih dibanding bermesin depan.
Tentu, bus bermesin depan akan lebih sulit karena memang orang yg mau maintenance harus pergi ke bagian kolong dari bus tersebut. Selain itu, ruang mesinnya lebih sempit.
sumber gambar
Karena ruang mesinnya yg sangat akbar pula, saat me-maintenance bus bermesin belakang akan lebih mudah karena lebih banyak ruang untuk bergerak dibanding bus bermesin depan.
Bus bermesin belakang memiliki gardan yg jauh lebih ringan & pendek dibanding bus bermesin depan (perlu diketahui bahwa bus bermesin belakang tetap memiliki gardan, cuma saja sangat pendek).
Sehingga, efisiensi BBM pun akan lebih baik karena tenaga tak akan terbuang banyak di gardan. Tentu, efisiensi BBM yg lebih baik akan menambah keuntungan & juga mengurangi cost.
sumber gambar
Tenaga yg tersalurkan ke roda belakang pun akan lebih banyak, karena gardannya pendek & lebih ringan. Ibarat membandingkan mobil dengan konfigurasi FWD dengan mesin di depan ketimbang mobil RWD dengan mesin yg di depan.
Nah, itulah 5 keunggulan bus bermesin belakang dibanding bus bermesin depan. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yg salah!
Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By:@ulungrinjani
Kemarin 23:09
sumber gambar
Jika Gansis membandingkan bus-bus yg ada di Indonesia, atau mungkin melihat product list suatu produsen bus, Gansis akan menemukan bahwa bus-bus di Indonesia & produk dari suatu produsen bus ada yg memiliki posisi mesin didepan, & ada yg memiliki mesin dengan posisi dibelakang.
Mungkin, Gansis akan bertanya-tanya, apa sih kelebihan bus bermesin belakang dibanding bus bermesin depan? Apakah cuma di posisi mesin saja, atau ada yg lain?
sumber gambar
Nah, setiap barang yg dikomparasikan tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Oleh karena itu, di thread ini ane akan bahas beberapa kelebihan bus dengan posisi mesin di belakang, ketimbang bus dengan posisi mesin di depan.
1. Kenyamanan
sumber gambar
sumber gambar
Karena memiliki mesin yg posisinya di belakang, tentu suara mesin tak akan terlalu masuk ke kabin, terlebih apabila duduk di depan. Karena memang, jarak antara posisi duduk kita dengan mesin lebih jauh.
Tentunya, dengan ini, kabin akan jadi lebih hening & senyap. Kabin yg lebih hening & senyap menghasilkan tingkat kenyamanan yg lebih tinggi lagi dibanding mesin depan.
sumber gambar
Coba saja bandingkan mobil-mobil yg mesinnya ada di depan, dibawah kap mesin dibanding di bawah jok penumpang row pertama. Tentunya, mobil yg mesinnya dibawah kap mesin akan lebih hening dibanding yg mesinnya dibawah jok. Atau sedan yg mesinnya ada di belakang, akan lebih hening pula.
2. Kemudahan Akses Pengemudi
sumber gambar
sumber gambar
Salah satu alasan mengapa aturan yg melarang pintu pengemudi pada bus cuma benar-benar dilarang pada bus bermesin belakang (CMIIW) adalah karena sulitnya akses dari pintu penumpang depan ke kokpit.
Bagaimana tidak, pada bus akbar dengan mesin I6 yg sangat besar, dengan turbo & intercooler serta komponen lainnya yg berada di depan tentu karoseri harus memberikan ruang mesin yg berupa "kuburan", dengan ukuran yg cukup akbar pula.
sumber gambar
Pada bus bermesin belakang, karena posisi mesinnya ada di belakang tentu tak memiliki kuburan yg menghalangi akses dari pintu penumpang depan ke kokpit pengemudi. Alhasil, akses dari pintu penumpang ke kokpit akan jauh lebih mudah.
3. Prestige
sumber gambar
sumber gambar
Bus-bus premium di Indonesia sejauh ini setahu ane semua memakai mesin belakang. Hal ini tentu menambah prestige dari bus bermesin belakang, selain harganya yg lebih mahal & biasanya dipakai untuk kelas non Ekonomi.
Sementara, bus bermesin depan sering dipakai untuk armada bus Ekonomi, sehingga citra dari bus bermesin depan di beberapa akbar orang tak sebagus bus bermesin belakang Gansis.
sumber gambar
Sehingga, prestige dari bus bermesin belakang lebih tinggi dibanding bus bermesin depan. Karena alasan-alasan yg ane tulis diatas tadi, harga yg lebih mahal, biasa dipakai untuk kelas non ekonomi, & lain-lain.
4. Kemudahan Maintenance
sumber gambar
sumber gambar
Bus bermesin belakang lebih mudah untuk di-maintenance karena memang ruang mesinnya lebih besar. Selain itu, mesin & komponen lain di bus bermesin belakang lebih mudah diraih dibanding bermesin depan.
Tentu, bus bermesin depan akan lebih sulit karena memang orang yg mau maintenance harus pergi ke bagian kolong dari bus tersebut. Selain itu, ruang mesinnya lebih sempit.
Karena ruang mesinnya yg sangat akbar pula, saat me-maintenance bus bermesin belakang akan lebih mudah karena lebih banyak ruang untuk bergerak dibanding bus bermesin depan.
5. Efisiensi & Tenaga
sumber gambar
sumber gambar
Bus bermesin belakang memiliki gardan yg jauh lebih ringan & pendek dibanding bus bermesin depan (perlu diketahui bahwa bus bermesin belakang tetap memiliki gardan, cuma saja sangat pendek).
Sehingga, efisiensi BBM pun akan lebih baik karena tenaga tak akan terbuang banyak di gardan. Tentu, efisiensi BBM yg lebih baik akan menambah keuntungan & juga mengurangi cost.
sumber gambar
Tenaga yg tersalurkan ke roda belakang pun akan lebih banyak, karena gardannya pendek & lebih ringan. Ibarat membandingkan mobil dengan konfigurasi FWD dengan mesin di depan ketimbang mobil RWD dengan mesin yg di depan.
Nah, itulah 5 keunggulan bus bermesin belakang dibanding bus bermesin depan. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yg salah!
Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By:@ulungrinjani
Kemarin 23:09