• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.687
Nilai reaksi
23
Poin
0
Hola Agan & Sista! Selamat pagi, siang, sore & malam bagi Gansis semuanya. Kali ini, ane bakalan bahas seputar guna dari tanjakan kosong di samping jalan nih.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?


sumber gambar​

Ketika melewati jalan tol khususnya saat di turunan, mungkin Gansis akan sadar bahwa ada lajur yg menanjak di sebelah kanan, biasanya diisi dengan kerikil atau pasir.

Mungkin Gansis bertanya-tanya, buat apa sih jalur tersebut? Kenapa tidak ditiadakan saja? Apakah penting? Nah, kali ini ane akan membahas hal tersebut di thread yg satu ini nih Gansis.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?

sumber gambar​

Jalur kosong yg menanjak tersebut biasa disebut jalur darurat atau jalur penyelamat. Jalur penyelamat sendiri biasa dibangun di lajur yg menurun, di daerah yg cukup rawan. Di jalan tol yg menurun banyak sekali jalur penyelamat seperti ini, di jalan raya juga ada lumayan banyak meski tidak sebanyak di jalur tol.

Fungsi dari jalur penyelamat sangatlah krusial, karena sangat berfungsi untuk memperlambat kendaraan yg mengalami rem blong, sehingga penting untuk menyelamatkan nyawa.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?


sumber gambar​

Jalur penyelamat sendiri biasa dibuat menanjak yg isi jalurnya merupakan pasir, batu kerikil, & kadang dipadu dengan ban bekas untuk mempermudah saat memperlambat kendaraan.

Kenapa tidak ditiadakan? Karena sekali lagi, ini sangat amat penting untuk menyelamatkan nyawa. Mencegah kecelakaan yg sangat membahayakan nyawa baik yg didalam kendaraan dengan gangguan teknis ataupun yg diluar.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?

sumber gambar​

Biasanya, di tanah air jalur penyelamat cuma memiliki satu lajur untuk dipakai satu kendaraan yg rem blong, lalu dievakuasi. Setelah evakuasi, barulah jalur penyelamat dapat dipakai lagi. Lebarnya sendiri 10 meter dengan panjang 50 meter (dapat lebih panjang lagi). & elevasi 15 persen, serta didesain untuk kendaraan yg berkecepatan 120-140kpj dengan bobot 15 ton.

Bukan cuma di tanah air, jalur penyelamat ini juga ada di hampir semua negara, tentunya dengan fungsi yg sama walau memang memiliki teknologi yg lebih advanced, seperti lajur yg berjumlah dua, bahan yg dipakai maupun teknologi lain.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?

sumber gambar​

Tentunya, jalur penyelamat bukanlah jalur yg dapat dipakai untuk bersantai atau berkumpul, apalagi parkir. Karena, kalau tiba-tiba ada truk rem blong, ada kemungkinan akbar benda yg berada di tengah jalur penyelamat akan tertabrak, bahkan dapat menghilangkan nyawa orang yg ada di tengah jalur penyelamat.

Perlu dicatat juga bahwa jalur penyelamat tidak boleh dipakai untuk kendaraan yg masih dapat berhenti dengan kondusif & normal, karena akan sangat sia-sia & memakan waktu evakuasi yg tidak sedikit.

Apa Gunanya Tanjakan Kosong Di Samping Jalan?

sumber gambar​

Nah, itulah isi thread ane yg membahas seputar kegunaan jalur penyelamat. Jadi, gimana pendapat Gansis tentang thread ini? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ane yg salah!

Sumber:1
Pic: Terlampir
Narasi: Opini Pribadi
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk menjatuhkan maupun mempromosikan siapapun.
Original Written By:@ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesia
emoticon-Toast
emoticon-Rate 5 Star

Hari ini 16:35
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.