• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

8 Hal yang Paling Fatal Sehabis Makan

666

IndoForum Junior B
No. Urut
19114
Sejak
19 Jul 2007
Pesan
2.522
Nilai reaksi
67
Poin
48
8 Hal yang Paling Fatal Sehabis Makan


Kita tahu makan minum yang tidak sehat mungkin akan menyebabkan penyakit yang menakutkan, namun, acap kali kita juga sering mengabaikan beberapa kebiasaan kecil sehabis makan, dan diluar dugaan kebiasaan hidup yang tidak baik ini besar kemungkinan menjadi “pembunuh” yang sewaktu-waktu menimpa kita.

1 . Makan buah-buahan
Kebiasaan makan buah setelah makan ternyata adalah kebiasaan yang keliru. Setelah makanan masuk ke lambung, lambung membutuhkan waktu 1-2 jam untuk mencerna, jika seusai makan lalu menyantap buah, buah akan terhambat oleh makanan yang telah lebih dulu disantap, akibatnya buah-buahan tidak bisa tercerna secara normal. Jika berlangsung lama, akan menyebabkan gejala perut kembung, diare atau susah buang air besar dan gejala lainnya.

2 . Minum teh kental
Minum teh seusai makan, dapat mengencerkan getah lambung, akibatnya mempengaruhi pencernaan makanan. Selain itu, daun teh banyak mengandung tanin (asam tanat), jika minum teh seusai makan, akan membuat protein yang belum sempat dicerna lambung menyatu dengan asam tanat dan membentuk sedimen yang tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhi serapan protein. Teh juga dapat menghambat serapan zat besi, jika keadaan demikian berlangsung lama dapat terjadi gejala anemia karena kurang zat besi.

3 . Merokok
Bahaya merokok sehabis makan lebih besar 10 kali lipat dibanding hari-hari biasa! Ini dikarenakan peredaran darah pada saluran pencernaan sehabis makan meningkat, akibatnya sejumlah besar kandungan dalam rokok yang tidak baik bagi kesehatan diserap, sehingga bisa merusak hati, otak besar dan pembuluh darah jantung dan menyebabkan penyakit pada aspek-aspek terkait ini.

4 . Mandi
Mandi sehabis makan, volume aliran darah pada permukaan tubuh akan meningkat, dan volume aliran darah pada saluran usus dan lambung akan berkurang, sehingga membuat fungsi pencernaan usus lambung melemah, dan menyebabkan pencernaan buruk.

5 . Mengendorkan ikat pinggang
Mengendorkan ikat pinggang setelah makan, meskipun terasa agak nyaman, tapi hal tersebut dapat mengakibatkan turunnya tekanan dalam rongga perut, memaksa lambung turun (terjuntai). Jika kebiasan tersebut terus dilakukan, akan benar-benar mengidap lambung turun.

6 . Makan angin (berjalan-jalan)
“Makan angin” sehabis makan, bukan saja tidak dapat hidup “99” (panjang umur), bahkan karena meningkatnya volume olahraga sehingga dapat mempengaruhi saluran pencernaan terhadap serapan gizi. Terutama manula, fungsi jantung melemah, penyempitan pembuluh darah, banyak berjalan seusai makan akan timbul gejala tekanan darah menurun dan lain-lain gejala.

7 . Berkaraoke
Seusai makan isi lambung kita membesar, dinding lambung menjadi tipis, volume aliran darah meningkat, saat demikian, bernyanyi dapat membuat sekat ronga badan pindah ke bawah, beban rongga perut bertambah, jika ringan akan menyebabkan pencernaan buruk, sebaliknya dapat menyebabkan gangguan pada lambung dan gejala penyakit lainnya.

8 . Mengemudikan mobil
Rawan terjadi kecelakaan jika habis makan lalu menjalankan kendaraan. Ini dikarenakan sehabis makan lambung dan usus membutuhkan sejumlah besar darah dalam mencerna makanan, mengakibatkan organ otak besar kekurangan darah untuk sementara waktu, sehingga dengan demikian dapat menyebabkan kesalahan operasional.
 
aq tambahkan
minum air yang banyak sehabis makan juga kurang baik, karena akan mengencerkan enzim di dalam lambung sehingga makanan tidak tercerna dengan sempurna
 
om om, masalah nomer 2....

gue biasa mik teh oolong yg paling pahit abis maem, biasa org bilang fu erl atau po li (ga tau ejaan pasnya apa). apa jelek juga?

btw, bikin kaget baca posting loe....bikin timbul perasaan bakal mati muda. /gg
 
wah wah wah
hidup sekali aja repot na minta ampun!/e5
 
@666

jd kalo habis makan bagusnya ngapain dunk hahahah...apa langsung bobo aja :D
kayanya yg dijelaskan semuanya itu, pada umumnya sering kita lakukan deh /omg
 
@666

jd kalo habis makan bagusnya ngapain dunk hahahah...apa langsung bobo aja :D
kayanya yg dijelaskan semuanya itu, pada umumnya sering kita lakukan deh /omg

duduk yang manis jangan bergerak
 
mungkin saja, soalnya itu kan kebiasaan orang yang selesai makan

tetapi dijelaskan secara ilmiah, ada yang dokter ga disini, biar dikonfirmasi :D

di forum sebelah udah dijelasin ama pak dokter :">
 
ad yang bilang abiz makan aruz naik tangga
tu btl ap gk/?
 
wah klo q biasanya abs mkn lgsng mengendorkan celana....
abs perutku gede sih....
jd solusinya gmna donk????
 
:)ehemm....ehemm....menurut kinerja yah :
1. euuyy selama kalian kk/cc gak ada keluhan tentang saluran pencernaan itu dikatakan Fisiologi ( masih normal )

2.lain cerita kalo emang kk/cc emang udah ada gejala + patologi saluran pencernaan.

3.jadi sante aja deh kk/cc kalau gak mengeluh yang berlebihan tentang saluran pencernaan....karena setiap orang/ manusia sistem Immunologinya berbeda!!!

4.:)soo.....lebih lanjut klik aja google > ketik "Immunologi" ^_^
 
nice banget infonya...
btw, abis makan langsung tidur juga ga bagus yah??? perutnya bisa buncit
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.