• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

7 Jalur Alternatif Mudik Aman dan Lancar di Jateng

yan raditya

IndoForum Addict E
No. Urut
163658
Sejak
31 Jan 2012
Pesan
24.461
Nilai reaksi
72
Poin
48
Ribuan Kendaraan pribadi pemudik sudah mulai memasuki wilayah Jawa Tengah.
Menurut Hadi Santoso, Wakil Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jawa Tengah, 1,3 juta kendaraan pribadi diprediksi akan melintasi jalan-jalan utama di Jawa Tengah.

Oleh Karena Itu, Hadi menghimbau kepada pemudik untuk mengenali jalur-jalur alternatif di Jawa Tengah.
"Jadi untuk rekayasa lalu lintas, pemerintah sudah menyiapkan jalur jalur yang bisa digunakan oleh pemudik sebagai jalur alternatif," kata Hadi dalam rilisnya, Kamis (30/06/2016).

Hadi menjelaskan bahwa beberapa jalur di jawa tengah rawan terjadi kemacetan panjang dikarenakan infrastuktur dan aktifitas masyarakat sekitar. Seperti dipantura terdapat perbaikan jembatan sungai Sipait Pekalongan, untuk menghindari kemacetan pemudik bisa memutar melalui Comal ambil arah Sragi, kemudian lanjut ke Bojong, dan keluar di Wiradesa Pekalongan.
Lebih lanjut Hadi menyampaikan bahwa prediksi jumlah pemudik yang masuk ke Jawa tengah mencapai 6,21 Juta orang yang menggunakan kendaraan pribadi dan Bus.

"Kalau mempersiapkan rute perjalanan dari sekarang, walaupun perlu untuk memutar sedikit insya Allah lebih Nyaman dan Selamat." terang pria anggota Dewan Fraksi PKS itu.
Ini dia jalur yang dipersiapkan Pemprov Jateng.

1. Untuk Pemudik yang akan melintasi Jawa Tengah dan masuk ke Jawa Timur bisa melalui Bantarsari (Brebes) - Ketanggungan - Slawi (Tegal) - Randudongkal (Pemalang) - Bantarbolang - Kebonagung - Wonotunggal - Bawang (Batang) - Sukorejo - Boja (Kendal) - Ungaran - Semarang. kemudian dilanjutkan dari Semarang - Gubug (Grobogan) - Godong - Purwodadi - Kunduran - Blora - Cepu - Padangan (Bojonegoro).

2. Untuk mengatasi perbaikan jembatan Sipait Pekalongan, Bisa melalui Comal kemudian Sragi, Bojong, Wiradesa atau bisa juga ke Kedungwuni lanjut ke Doro Pekalongan. Setelah dari Doro Pekalongan bisa lanjut ke bandar dan masuk ke Bawang (Batang), selanjutnya mengikuti jalur Altrenatif 1.

3. Bagi pemudik jurusan Solo Sekitar, setelah keluar tol Pejagan bisa melalui Ajibarang - Purwokerto - Sokaraja -- Kaliori - Banyumas - Klampok - Banjarnegara - Wonosobo - Temanggung - Secang - Lingkar Ambarawa - Bawen.

4. Bagi Pemudik dari Barat yang bermaksud untuk menuju Jawa Tengah bagian selatan bisa melalui Pejagan - Ketanggungan - Prupuk - Bumiayu - Ajibarang - Wangon - Kebumen.

5. Bagi Pemudik dari barat yang bermaksud ke Jawa Timur, setelah melalui Semarang ambil arah Ungaran - Bawen - Salatiga - Boyolali - Kartosuro -Surakarta - Sragen - Mantingan Batas Jatim.

6. Bagi Pemudik dari barat yang bermaksud untuk ke Jawa Tengah bagian tengah bisa melalui Pemalang - Bantarbolang - Randudongkal - Belik - Bobotsari - Purbalingga - Sokaraja/ Klampok. Atau jika sudah sampai Pekalongan bisa menuju Kajen - Kalibening - Wanayasa - Banjarnegara.

7. Untuk menghindari kemacetan di Kota Semarang bisa melalui Weleri - Sukorejo - Parakan- Temanggung - Kaloran - Bandungan - Lemahabang/Ambarawa jika mau ke solo sekitar bisa keluar melalui Bawen, atau jika bermaksud ke Jogja maka dilanjut ke Secang -Magelang - Muntilan - Salam.

8. Jalur Pati - Kayen - Purwodadi - Gemolong - Surakarta kemudian bisa melalui Sruwen - Gemolong Palur - Karanganyar - Tawangmangu - Cemorosewu. Atau dari Surakarta - Sukoharjo - Wonogiri- Biting/Bts. Jatim, bisa juga dari Wonogiri - Ngadirojo - Giriwoyo - Pacitan.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.