• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

5 Rekomendasi Alat Olahraga untuk Digunakan di Rumah

jennywijaya

IndoForum Newbie A
No. Urut
288379
Sejak
10 Nov 2020
Pesan
318
Nilai reaksi
1
Poin
18
Kesibukan yang padat seperti banyaknya pekerjaan kantor terkadang membuat orang tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Padahal, olahraga tidak melulu harus dilakukan dengan alat olahraga yang ada di gym atau fasilitas olahraga lainnya. Anda bisa melakukan olahraga di rumah untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Nah, berikut ada beberapa rekomendasi alat olahraga yang dapat membantu Anda agar tetap bisa melakukan olahraga di rumah, yaitu:

  1. Barbel/Dumbbell
Jenis alat olahraga satu ini menjadi pilihan yang paling sering digunakan untuk olahraga di rumah. Barbel merupakan bar atau tongkat besi yang di masing-masing ujungnya bisa ditambahkan piringan beban atau plate yang berfungsi sebagai pemberat. Sedangkan dumbbell merupakan versi kecil dari barbel, yang biasanya berukuran sejengkal tangan. Bobot alat olahraga ini bervariasi, mulai dari 0,5 kg sampai 11 kg. Anda bisa memilih beratnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh. Berolahraga dengan menggunakan dumbbell tentunya lebih praktis karena tidak memakan banyak tempat dan bisa dilakukan secara lebih santai. Selain melatih kekuatan otot bahu dan lengan, dumbbell juga bisa digunakan untuk alat olahraga kardio atau diikutsertakan ketika melakukan sit up atau squat. Bagi pemula, disarankan memilih dumbbell dengan beban yang tidak terlalu berat untuk meminimalisir risiko cedera.

  1. Resistance Band
Resistance Band merupakan alat olahraga yang berbentuk tali berbahan karet elastis dengan tingkat kelenturan bervariasi. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang seperti seutas tali karet, ada yang memiliki pegangan di kedua ujungnya, atau berbentuk lingkaran. Sama seperti dumbbell, tekanan tali bekerja sebagai pengganti beban sehingga bisa digunakan untuk melatih otot seperti bahu, biceps, dan triceps. Semakin sedikit tingkat kelenturannya, maka akan semakin besar kekuatan otot yang digunakan untuk merentangkan tali. Cara menggunakan alat olahraga ini juga mudah. biasanya, digunakan dengan menarik kedua ujungnya ke arah berlawanan menggunakan tangan atau menginjak salah satu ujung dengan kaki dan menarik ujung lainnya ke atas. namun, pastikan Anda sudah melakukan pemanasan dan sedikit peregangan pada otot agar tidak menimbulkan cedera

  1. Matras Yoga
Sesuai dengan namanya, matras ini sering digunakan sebagai alat olahraga yoga atau meditasi. Fungsinya yaitu untuk menjaga agar pijakan tetap stabil selama melakukan berbagai gerakan Yoga. Matras juga bisa melindungi tubuh Anda dari benturan langsung dengan lantai ketika jatuh tergelincir. Menggunakan matras pun akan lebih nyaman dibandingkan duduk atau berbaring langsung di lantai selama melakukan yoga atau meditasi. Olahraga yoga sendiri bermanfaat untuk membantu relaksasi pikiran, melatih konsentrasi serta memperbaiki postur tubuh. Anda bisa melakukan yoga dengan mengikuti tutorial yang terpercaya di internet, misalnya. Pilih gerakan yang sederhana dan tidak terlalu rumit dulu untuk percobaan pertama. Bukan hanya untuk yoga, matras ini juga bisa digunakan sebagai alat olahraga lainnya seperti push up atau sit up.

  1. Skipping Rope
Skipping atau lompat tali termasuk dalam olahraga kardio yang bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru serta melatih kekuatan otot lengan, bahu, dan kaki. Untuk melakukan lompat tali tentunya membutuhkan alat olahraga yaitu skipping rope. Olahraga ini digemari karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga. Alat olahraga yang digunakan pun bisa dibawa ke mana saja karena bentuknya yang praktis. Jika ingin melakukan lompat tali di rumah, carilah tempat yang luas dan tidak terhalang. Hindari melakukan lompat tali di area yang memiliki permukaan keras dan kasar seperti di aspal atau beton karena bisa meningkatkan risiko cedera. Lakukan lompatan awal sebanyak 50 kali, misalnya. Lalu selingi dengan istirahat dan lanjutkan lagi dengan tambahan durasi dan jumlah lompatan.

  1. Bola Fitness
Bola fitness biasanya identik digunakan sebagai alat olahraga senam ibu hamil. Memiliki ukuran yang bervariasi, bola fitness bisa digunakan untuk melakukan Latihan kekuatan, keseimbangan, kelenturan, dan postur tubuh. Selain itu, berolahraga menggunakan bola fitness juga bisa membantu mengecilkan perut dan mengencangkan otot perut. Anda bisa menggunakan alat olahraga ini untuk latihan kardio, yoga, atau pilates.

Sebelum membeli alat olahraga, pastikan dulu kondisi dan kemampuan fisik Anda sehingga mengetahui jenis olahraga yang cocok untuk tubuh. Ketika memakai alat olahraga untuk pertama kalinya, Anda bisa meminta bantuan pada professional untuk petunjuk pemakaian yang benar sehingga tidak menimbulkan risiko cedera. Hindari pemakaian alat olahraga dengan berlebihan. Jika tubuh sudah lelah, segera beristirahat dan jangan paksakan untuk terus berolahraga.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.