• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.
  • Tips kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19:
    • Cuci tangan kamu sesering mungkin;
    • Jaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter;
    • Minimalkan kegiatan di luar ruangan.
    Stay safe in your bubble!

5 Kesalahan Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu yang Mungkin Anda Lakukan

jennywijaya

IndoForum Newbie D
No. Urut
288379
Sejak
10 Nov 2020
Pesan
70
Nilai reaksi
0
Poin
6


Teknik renang gaya kupu-kupu bisa membingungkan bahkan pada perenang profesional sekalipun. Gaya kupu-kupu terbilang cukup dikuasai karena memfokuskan pada tiga hal penting.

Ketika berenang dengan teknik kupu-kupu, tubuh harus bergerak seperti gelombang. Mungkin Anda merasa bahwa selama ini teknik yang dilakukan sudah benar. Padahal tanpa disadari Anda mungkin membuat banyak kesalahan kecil.

Kesalahan umum saat berenang dengan gaya kupu-kupu

Biasanya saat melakukan teknik renang gaya kupu-kupu, banyak orang yang mengalami masalah pada posisi kepala, tubuh, kaki, gerakan lengan, dan pengambilan napas. Memperhatikan masalah tersebut akan meningkatkan keterampilan berenang Anda.

1. Posisi kepala
Anda mungkin sering melihat atau mengalami sendiri melihat ke arah depan saat berenang dengan gaya kupu-kupu. Ini seperti hal yang benar untuk dilakukan, tapi faktanya sebuah kekeliruan.

Posisi tersebut akan membatasi gerak, memperlambat laju, dan bisa melukai tulang belakang Anda. Sebaliknya, lihatlah ke bawah dan ikuti garis hitam di kolam. Dengan begini tubuh menjadi lebih rileks, dan teknik yang dihasilkan terlihat jauh lebih indah.

2. Posisi tubuh
Teknik renang gaya kupu-kupu kerap dibandingkan dengan gaya dada. Pada teknik ini, perenang menggerakkan kepalanya untuk bernapas. Hal yang sebaliknya terjadi pada gaya dada.

Posisi tubuh datar adalah kesalahan umum dalam berenang dengan gaya kupu-kupu. Kurangnya gerakan dada dan pinggul menyebabkan tubuh bergerak tidak teratur. Padahal pondasi dari gaya kupu-kupu adalah gerakan tubuh (body roll).

3. Pengambilan napas
Menggerakkan leher dan tulang belakang untuk mengambil napas membuat Anda harus mengerahkan energi ekstra dan menyebabkan Anda kelelahan. Biarkan tubuh di dalam air dan regangkan dagu di atas air. Cara ini jauh lebih mudah dan tidak memerlukan usaha.

Kesalahan lainnya adalah bernapas saat lengan berada di atas air. Terlambat bernapas akan mengacaukan ritme dan menyulitkan Anda untuk fokus dengan gerakan selanjutnya.

Saat mengambil napas, jangan panik dan pahami bagaimana lengan dan tubuh Anda bergerak di dalam air.

Ambil napas ketika gerakan lengan dalam posisi menarik (pull). Angkat dagu, tarik napas, dan kembalikan kepala ke dalam air saat lengan akan kembali ke air.

4. Gerakan lengan
Beberapa perenang cenderung melintasi air dengan tangan dalam posisi gaya bebas. Ini merupakan kesalahan gerakan kupu-kupu yang cukup banyak dilakukan.

Hal itu bisa dipicu dari posisi ibu jari. Mengerahkan ibu jari ke depan membuat siku terbuka, menekuk, sehingga membuat Anda kesulitan untuk mengangkat lengan keluar dari air.

Saat lengan berada di luar air, pertahankan lengan tetap lurus dengan telapak tangan menghadap ke belakang.

5. Teknik tendangan
Jika Anda terbiasa berenang gaya dada atau punggung, kaki berfungsi sebagai alat untuk mendorong ke depan sehingga tendangannya cenderung lebih besar. Menerapkan posisi ini ke teknik renang gaya kupu-kupu tidak akan berhasil.

Pada teknik ini, tubuh bertindak sebagai baling-baling. Menekuk lutut dan mendorong dengan berlebihan akan menguras energi Anda.

Untuk mengatasinya, Anda bisa berlatih membuat tendangan yang lebih kecil di dalam air. Jangan sampai kaki Anda bergerak keluar dari air dan menciprati air ke sekelilingnya.

Catatan

Tak perlu berkecil hati ketika teknik renang Anda tidak sesuai. Teknik renang gaya kupu-kupu memiliki tingkat kesulitan lanjut, sehingga perlu waktu lama untuk menguasainya.

Akan sulit memperbaiki kebiasaan berenang dengan teknik yang salah. Namun, tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan teknik renang gaya kupu-kupu yang benar.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Atas.