• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

10 bahaya yang terjadi jika anda kurang tidur

galau adv

IndoForum Beginner A
No. Urut
281582
Sejak
25 Jun 2013
Pesan
1.172
Nilai reaksi
24
Poin
38
Disadari atau tidak, tidur seringkali menjadi hal mewah pada kehidupan manusia saat ini. Menurut penelitian terakhir dikatakan bahwa lebih dari 1 miliar orang kurang tidur. Salah satu penyebab utamanya adalah pemakaian ponsel atau gadget lainnya secara berkepanjangan hingga mampu memangkas jam tidur.

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa kurang tidur sanggup membuat Anda sakit baik secara fisik dan mental. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah hal-hal yang bisa terjadi pada tubuh Anda saat kurang tidur.

Daya tahan tubuh menurun
Tidur menjadi salah satu cara tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga saat Anda tidur, maka pertahanan tubuh pun menjadi tidak maksimal. Hasilnya Anda jadi mudah terserang penyakit.

Kesehatan jantung terganggu
Menurut beberapa penelitian kesehatan, kurang tidur mampu membuat kesehatan jantung Anda terancam. Sebab saat Anda kurang tidur jantung tidak mampu memompa darah dalam jumlah yang normal sehingga akan menyebabkan penyakit jantung.

Kanker
Tahukah Anda saat Anda kurang tidur maka akan meningkat pula risiko Anda untuk terkena kanker? Hal ini lagi-lagi disebabkan karena daya tahan tubuh yang melemah sehingga produksi sel kanker menjadi lebih ganas.

Sering bingung
Sering merasa bingung saat kurang tidur? Ya, bingung menjadi salah satu dampak buruk dari kurang tidur. Sebab kurang tidur mampu membuat kemampuan otak menjadi berkurang. Anda tidak bisa berpikir jernih sehingga dapat mempengaruhi Anda saat beraktivitas.

Pelupa
Saat otak Anda mendapatkan sinyal dari tubuh bahwa Anda kurang tidur, maka seluruh proses berpikir Anda menjadi kusut. Otak tidak mampu berkonsentrasi dan kurang fokus, hasilnya Anda menjadi mudah lupa.

Menurunkan kemampuan seksual
Kurang tidur ternyata juga bisa menurunkan kemampuan seorang pria di atas ranjang. Sebab menurut beberapa penelitian dikatakan bahwa jika Anda tidur selama lima jam atau kurang, maka hormon seks Anda akan menurun sebanyak 10%-15%.

Kenaikan berat badan
Anda ingin terhindar dari kegemukan? Cobalah untuk tidur secara teratur dengan waktu tidur yang cukup. Sebab saat Anda tidur kurang dari 5 jam setiap hari, maka akan terjadi kenaikan berat badan dengan cepat.

Diabetes
Saat tubuh Anda kurang tidur, tingkat insulin akan meningkat. Dan hasilnya risiko diabetes pun akan meningkat.

Kehilangan kendali
Karena tidur mampu membuat Anda kurang fokus, maka Anda jadi akan mudah kehilangan kendali. Bisa saja Anda jadi sering jatuh, tidak sengaja menjatuhkan saat memegang barang, atau kurang kontrol saat mengendarai kendaraan.

Mempengaruhi kecantikan
Anda ingin selalu terlihat cantik dan awet muda? Rahasianya ada pada tidur yang cukup. Hal ini disebabkan saat Anda kurang tidur, maka akan mudah muncul garis halus, kerutan, dan pigmentasi di kulit Anda. Tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi kecantikan Anda.

Tak peduli seperti apa kesibukan Anda, usahakan untuk selalu tidur cukup setiap harinya. Sebab jika Anda kurang tidur dan Anda sakit, maka seluruh aktivitas Anda pun akan tertunda.
 
serem juga gan, mulai sekarang gw akan coba untuk tidur lebih awal deh [:}]
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.