• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Sakramen Kudus

Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.

effie

IndoForum Staff Personnel
No. Urut
601
Sejak
17 Apr 2006
Pesan
8.576
Nilai reaksi
353
Poin
83
Sakramen (latin : sacramentum) menunjuk kepada tanda yang kelihatan dari rahmat Allah yang dikaruniakan kepada orang-orang yang percaya. Tanda ini ditetapkan dan diperintahkan oleh Kristus sendiri sebagai tanda perjanjian.

Ada dua kehendak Kristus dalam sakramen yaitu Baptisan Air dan Perjamuan Suci. Kedua hal itu merupakan alat anugerah dari Tuhan bagi kita supaya kita senantiasa menghayati karya penebusan oleh Kristus dikayu salib sehingga iman kita senantiasa dikuatkan dan diteguhkan.

A BAPTISAN AIR.

Kata "baptis" diambil dari bahasa Yunani, Baptizo yang artinya ditenggelamkan sepenuhnya, atau dicelupkan kedalam cairan@. Maka sekarang kita melakukan babtisan air dengan cara ditenggelamkan atau diselam didalam nama Allah Bapa, Allah Putra yaitu Tuhan Yesus dan Allah Roh Kudus.

Didalam Alkitab kita menjumpai bahwa Tuhan Yesus, semua orang percaya termasuk murid2 Tuhan Yesus dan para rasul melakukan baptisan air dengan cara diselamkan (baca Matius 3 : 16; Kisah 8 : 38-39)

Di Israel, dikota Nazaret ada sebuah gereja Katolik yang bernama St Josept. Melalui penggalian-penggalian ditempat itu, ditemukan adanya sebuah kolam baptisan yang digunakan gereja mula-mula untuk membaptis selam.

Awal dari babtisan percik, dulu saat Kaisar Agustinus di Roma yang sedang dalam keadaan sakit, bertobat dan ingin dibaptiskan, sehingga orang yang sakit tidak memungkinkan untuk dibaptis selam, maka itulah awal dari baptisan percik sampai sekarang.

2 Mengapa Kita Harus Dibaptis Air ?

a. Tanda ketaatan

Mat 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Mat 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."


Baptisan air adalah salah satu perintah yang diperintahkan oleh Tuhan Yesus kepada setiap muridNya dalam "Amanat Agung", maka setiap orang yang percaya harus dibabtis sebagai bukti ketaatan kita kepada Tuhan.

Baptisan air adalah salah satu ketaatan kita kepada perintah Tuhan[quote/]

b. Tanda ikatan perjanjian antara Allah dan manusia.

1) Di dalam Perjanjian Lama, Allah mengikat perjanjian dengan Abraham dengan tanda sunat.

Allah memberikan janji kepada Abraham suatu janji yang luar biasa. hanya dari pihak Abraham dan keturunannya harus melakukan tanda perjanjian dengan sunat sebagai tanda iman mereka kepada janji Allah.

2) Didalam Perjanjian Baru, Allah memberikan tanda perjanjian dengan baptisan air

Didalam Perjanjian Baru, babtisan air dipakai sebagai tanda seseorang menjadi milik Kristus,. Orang yang menjadi milik Kristus juga berhak atas janji Allah yang telah Allah berikan kepada Abraham dengan tanda sunat. Kita tidak lagi melakukan sunat, tetapi kita melakukan baptisan air sebagai bukti kita mengakui pengorbanan Yesus yang mati untuk menebus dosa kita sehingga kitapun menjadi milik Kristus.

Kol 2:11 Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa,

Kol 2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati. (Kol 2:11-12)

Gal 3:27 Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.

Gal 3:28 Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.

Gal 3:29 Dan jikalau kamu adalah milik Kristus, maka kamu juga adalah keturunan Abraham dan berhak menerima janji Allah. (Galatia 3 : 27-29)


c. Tanda bukti komitmen kita bahwa manusia lama yang penuh dosa dikuburkan dan menerima hidup yang baru.


Rom 6:3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?

Rom 6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru. (Roma 6 : 3-4)


Melalui baptisan air kita menyatakan komitmen kita dihadapan Allah dan jemaatNya untuk meninggalkan kehidupan yang dikuasai oleh dosa dan menerima kehidupan yang dikuasai kebenaran. Segala sesuatu yang salah yang biasa kita lakukan harus mulai dibuang dan ditinggalka, dan kita mulai mencari perkara-perkara yang diatas yang benar dan kudus (Kolose 3 : 1-3)
Babtisan air sendiri bukanlah kelahiran baru sebab kelahiran baru dapat terjadi sebelum atau sesudah baptisan air. kelahiran kembali/kelahiran baru itu merupakan suatu karunia hidup baru yang Allah berikan didalam Kristus oleh pekerjaan Roh Kudus, dengan peranteraan Firman Allah ketika manusia rela menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah.

3. Syarat Baptisan Air.

a. Percaya

Kis 18:8 Tetapi Krispus, kepala rumah ibadat itu, menjadi percaya kepada Tuhan bersama-sama dengan seisi rumahnya, dan banyak dari orang-orang Korintus, yang mendengarkan pemberitaan Paulus, menjadi percaya dan memberi diri mereka dibaptis.

Act 2:41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.

Baptisan air harus didahului dengan hati yang percaya sebab didalam babtisan air kita sedang menunjukkan kesungguhan percaya kita kepada korban Kristus dikayu salib menebus dosa kita dan memberikan kepada kita hidup yang baru.

b. Bertobat

Pertobatan yaitu meninggalkan hidup yang berdosa (tidak mengenal Tuhan) dan berpaling kepada hidup yang baru (menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat) ( Baca 2 : 38; Galatia 3 : 27)

Catatan.

Bayi dan anak kecil tidak dibabtis, tetapi diserahkan kepada Tuhan.

* Alkitab tidak mengajarkan bahwa anak-anak harus dibaptis, melainkan anak-anak diserahkan kepada Tuhan menurut teladan Tuhan Yesus. Anak-anak mulai usia 8 hari sampai 12 tahun diserahkan kepada Tuhan dalam sidang jemaat.

* Bayi-bayi tidak dibaptis, sebab mereka belum bisa mengerti artinya "percaya", tetapi bayi-bayi (anak-anak) cukup diserahkan kepada Tuhan dan harus dididik didalam Tuhan oleh orang tuanya. (Lukas 2 : 22; Markus 10:13-16).

Tujuan Penyerahan Anak :

1. Anak-anak itu akan menjadi milik Tuhan dan dipelihara serta diberkati oleh Tuhan seperti Musa dan Samuel.

2. Agar orang tua mengikat janji dengan Tuhan, bahwa mereka akan mengasihi anak-anaknya dan mendidik mereka dalam segala ajaran Tuhan.

"haruslah engkau mengajarkan berulang-ulang kepada anak-anakmu ...(Ulangan 6:7)

"Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, ...(Kolose 3 : 21)

Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci ...( II Timotius 3 : 15)


4. Kapan Saya Dapat Mengikuti Baptisan Air ?

" ... Kis 8:36 Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?"

Kis 8:37 (Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah.")

Kis 8:38 Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia.


Segera setelah anda bertobat dan percaya lakukanlah baptisan air. Orang-orang yang mendengar pengajaran Injil oleh para Rasul serta menjadi bertobat dan percaya segera dibaptis segera setelah mereka mendengar Injil. Selama Tuhan masih memberikan kekuatan dan kesempatan, Janganlah menunda-nunda waktu, sebab Tuhan telah menyiapkan anugerah yang besar bagi anda yang taat melakukan perintahNya ( Kisah 18 : 8; 22:16)

5. Apa yang harus saya lakukan setelah Di Baptis Air ?

Gal 3:27 Karena kamu semua, yang dibaptis dalam Kristus, telah mengenakan Kristus.

Rom 6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.


Tuhan menginginkan anda mulai hidup dengan hidup yang baru, yaitu pikiran, perbuatan yang baik eperti pikiran dan perbuatan Tuhan Yesus Kristus. Karena ketika saudara dibabtis, saudara menjadi milik Kristus dan berkomitmen untuk meninggalkan hidup yang lama yang dikuasai dosa kepada hidup yang baru yang bebas dari kuasa dosa.

Catatan :

Baptisan air sering kali disertai dengan baptisan Roh Kudus.

Kis 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.


Baca : Lukas 3 : 21-22; 4:1; 4:14
 
B PERJAMUAN SUCI

Perjamuan Suci merupakan sakramen yang ditetapkan langsung oleh Kristus sendiri (Matius 26: 26-28; Markus 14: 22-24; Lukas 22: 19-22)

1. Lambang dalam Perjanjian Lama.

Perjanjian suci dilambangkan didalam Perjanjian Lama dengan :

a. Roti dan Anggur.

Melkisedek, Raja Salem (syalom), memberkati Abram dengan roti dan anggur (Kejadian 14: 18-20). Melkisedek adalah bayangan yang menunjukkan kepada Tuhan Yesus, Raja Damai dan IMAM MAHA BESAR yang kekal, yang memberi tubuh dan darah Nya bagi semua orang yang percaya dan hidup dalam kemenangan.

b. Darah Anak Doma dan Roti yang Tidak Beragi (Keluaran 12: 1-28)

* Darah Domba Paskah itu melambangkan Tuhan Yesus (Yohanes 1:29) DarahNya harus tertumpah untuk menghapus segala dosa kita (Ibrani 9: 26-28)

* Roti yang tidak beragi menggambarkan kehidupan Kristus yang suci sempurna yang telah dikorbankan untuk keselamatan semua orang yang percaya.

Semua yang dilambangkan didalam Perjanjian Lama telah digenapi didalam Tuhan Yesus dalam Perjanjian Baru. Tuhan Yesus berkata, "Aku datang untuk menggenapi Hukum Taurat"(Matius 5:17). Tuhan Yesus sendiri menyatakan "Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan memberikan nyawaNya (darahNya) menjadi tebusan bagi banyak orang" (Matius 20:28).

2 Arti Perjamuan Suci

Kita akan sangat bersyukur kepada Tuhan, serta memuji Tuhan dan menyembah Tuhan dengan roh dan kebenaran, apabila kita mengerti betul apa artinya Perjamuan Suci bagi kita.

Ajaran Alkitab tentang Perjamuan Suci sebagai berikut :

a. Kita tinggal didalam "Dia dan Dia didalam kita "(Yohanes 6: 54:57).

Ketika kita makan perjamuan suci, maka menunjukkan bahwa yang menguasai hidup kita adalah Dia yang telah mati menebus dosa kita. Dan melalui korban tubuh dan daraNya kita memperoleh hidup yang kekal.

b. Persekutuan "dengan Tuhan" (1 Kor 10 : 16-17)

Orang yang makan perjamuan suci sedang menyatukan diri menjadi satu didalam tubuh Kristus. Kita menyatakan bahwa kita adalah orang yang peraya akan pengorbanan Yesus.

c. Untuk memperingati kasih Tuhan dan hidup senantiasa didalam kasihNya (1 Korintus 11 : 24-25)

Melalui perjamuan suci maka kita kembali hendak diingatkan akan pengorbanan Kristus bagi kita. Karena itu didalam perjamuan suci yang harus kita pandang bukanlah terutama roti dan anggur yang kelihatan. Disinilah persekutuan kita dengan Nya diteguhkan kembali dan demikian pula persekutuan kita dengan orang-orang percaya lainnya. Penghiburan, kekuatan serta kesembuhan bukanlah datang dari roti dan anggur melainkan dari Kristus sendiri yang kita terima dengan iman.

d. Alat anugerah untuk memberitakan Injil Kristus sampai Ia datang kembali (1 Korintus 11:26).

Perjamuan suci dapat dipakai Tuhan sebagai alat untuk memberitakan karya penebusan Kristus sehingga iman kita terus dikuatkan dan banyak jiwa bisa diselamatkan.

3. Syarat Mengikuti Perjamuan Suci (1 Korintus 11:23-32)

Ada beberapa langkah yang perlu saudara lakukan sebelum mengikuti Perjamuan Suci, yaitu :

a. Percaya

Langkah pertama adalah percaya bahwa korban Tuhan Yesus telah membuat kita mengalami penebusan dosa. Tanpa hal itu maka perjamuan suci tidak ada artinya. Orang yang belum menerima Tuhan Yesus dalam hati sebagai Tuhan dan Juruselamat, tidak boleh mengambil bagian dalam Perjamuan Suci (Kisah 2 : 37-41; Matius 26: 26-28), termasuk anak-anak yang belum bisa mengerti Tuhan Yesus dan pengorbanan Nya (anak-anak dibawah umur 12 tahun).

b. Sadar.

Kita melakukan perjamuan suci harus dengan pengertian yang benar bahwa dengan melakukan perjamuan suci kita sedang mengingat karya Yesus yang telah menyerahkan tubuh dan darahNya untuk menebus dosa manusia.

c. Layak

Makan dengan cara yang tidak layak berarti tindakan ikut serta dimeja Tuhan dengan sikap hati yang acuh tak acuh, mementingkan diri sendiri dan tidak hormat, tanpa maksud dan keinginan apapun untuk meninggalkan dosa yang disadari dan kemudian menerima perjajian kasih karunia dengan segenap janji dan tuntunannya. Mereka yang ikut serta dalam cara yang sedemikian tidak layak itu berdosa besar terhadap Tuhan. Mereka bersalah dalam hal menyalibkan Kristus kembali dan dengan segera akan berada dibawah hukuman dan pembalasan (1 Korintus 11: 29-32)

d. Menguji diri sendiri

Ujilah diri sebelum mengikuti perjamuan suci. Jika ada dosa maka segeralah mengakui dosa anda dan minta pengampunan dari Tuhan dan memperbaharui/komitmen anda didalam Tuhan.

e. Mengakui tubuh dan darah Kristus, yang dilambangkan dalam roti dan anggur.


Roti dan anggur yang kita makan dan minum adalah lambang dari tubuh dan darah Tuhan Yesus yang tercurah untuk menebus dosa manusia. Yang terpenting ketika kita melakukan perjamuan suci bukanlah roti dan anggurnya, tetapi sikap hati kita yang mau mengakui bahwa tubuh dan darah Tuhan Yesus telah terpecah dan tercurah bagi penebusan dosa kita.

f. Harus mengingatkan kepada Tuhan dan memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang kembali.

Ketika saudara melakukan perjamuan Suci, hal yang harus saudara lakukan adalah bawa saudara harus mengingat Korban Yesus dikayu salib. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya saudara terus mengucap syukur karena hidup saudara telah diselamatkan dari kebinasaan kekal. Kemudian bagi orang lain khususnya yang belum percaya, ketika kita melakukan perjamuan suci, kita sedang memberitakan tentang korban Yesus di kayu salib untuk menyelamatkan mereka.

4. Kapan Saya Bisa Mengikuti Perjamuan Suci di Gereja ?

Tuhan Yesus tidak pernah mengatakan kapan dan berapa sering kita harus melakukan perjamuan suci. Perjamuan suci yang pertama diadakan oleh Tuhan Yesus sendiri pada malam sebelum Ia disalibkan (1 Kor 11 : 23-26) Jadi mengenai berapa kali dalam waktu tertentu harus perjamuan suci, semua tergantung dari tata cara gereja masing-masing.
GBU :)
 
Baru baca gue :D , Nice Post ... GBU
 
Waw baru pelajaran PAK tahun lalu nih ^^
nice buat referensi :D
 
KESELAMATAN

Keselamatan merupakan harapan pada masa mendatang dan kesenangan pada masa sekarang ini (Titus 2 : 11-13)

Tit 2:11 Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata.
Tit 2:12 Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keingina duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini
Tit 2:13 dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus,

Banyak orang hanya tahu bahwa keselamatan hanya merupakan jalan menuju ke Surga; hal tersebut memang benar, tetapi saat kita menerima keselamatan dalam hidup, maka saat itu sudah terjadi perubahan juga yaitu memperoleh sukacit. Hal ini menunjukkan bahwa keselamatan dari Yesus itu berdampak juga untuk hidup sekarang, didunia ini.

KESELAMATAN dapat didefinisikan /diartikan :

Doktrin /pelajaran lengkapmengenai penebusan yang dilakukan KRISTUS melalui kematian dan kebangkitan-Nya.

Jadi berita keselamatan itu adalah berita penebusan yang dilakukan KRISTUS. Dia mati dan bangkit supaya manusia memperoleh pengharapan untuk bangkit dan diselamatkan serta masuk dalam kemuliaan KerajaanNya. Dari definisi tersebut kita tahu bahwa keselamatan kita dibangun diatas dasar BATU KARANG yaitu YESUS KRISTUS.
Disini kita akan mempelajari tentang mengapa kita harus diselamatkan dan bagaimana sikap dan tindakan yang harus dikerjakan oleh seseorang untuk mendapatkan KESELAMATAN dari ALLAH.

  1. MENGAPA MANUSIA MEMERLUKAN KESELAMATAN ?

    Untuk memahami pertanyaan ini, maka kita perlu melihat sejarah manusia dimulai sejak peristiwa penciptaan.
    1. Penciptaan Manusia.
      1. Manusia direncanakan oleh Allah.

        Kej 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

        Kej 1:31 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

        Sebelum manusia diciptakan, Allah telah membuat rencana dan tujuan untuk menciptakan manusia. rencana Allah adalah rencana yang sungguh amat baik dan mulia, sangat berbeda dengan ciptaan Allah yang lainnya.
      2. Manusia diciptakan oleh Allah

        Kej 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

        Kej 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."

        Kej 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

        Manusia diciptakan oleh Allah. Penciptaan manusia itu berlangsung dalam jangka waktu yang singkat dan langsung sebagai manusia dewasa yang sempurna dalam bahasa Ibrani : "YATSAR". MANUSIA itu diciptakan dalam keadaan baik dan sempurna secara TUBUH, JIWA dan ROH.

        Keadaan manusia ketika diciptakan:
        1. Secara tubuh, manusia itu elok dan mulia (Mazmur 139 : 14)
        2. Secara jiwa, manusia sanggup berpikir luas (Kejadian 2 : 15)
        3. Secara roh, manusia dapat bersekutu dan mengenal Allah (Yohanes 4 : 24)
      3. Manusia diciptakan serupa dan segambar dengan Allah.

        Kej 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi."

        Kej 1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

        Alkitab menyatakan dengan jelas bahwa manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (Kejadian 1 : 26-27; 1 Korintus 11: 7) yaitu sebagai satu peribadi yang mempunyai kesucian dan kemuliaan.
        Rupa (Ibrani :d'mut Inggris :likeness): akal dan kehendak bebas.
        Gambar (Ibrani :tselem Inggris :shadow): sifat/karakter
        Dengan kehendak bebas yang dimilikinya, manusia bebas untuk melakukan hal yang baik dan benar maupun hal yang salah. Apapun yang dilakukan manusia menjadi tanggung jawab dirinya sendiri dengan segala konsekuensinya. semua yang dialamai manusia adalah hasil dari tindakannya.
        Dengan membawa sifat dan karakter ilahi, manusia dapat hidup bergaul dengan Allah dan dapat mengerti/mengenal kehendak Allah.
    2. Manusia jatuh dalam Dosa.
      1. Manusia melanggar perintah Tuhan.

        ketika manusia ditempatkan oleh Allah ditaman Eden, Tuhan memberikan perintah bahwa manusia diperbolehkan makan semua yang ada ditaman Eden kecuali buah pohon pengetahuan baik dan jahat. tetapi kemudian manusia memilih untuk melanggar perintahNya setelah dibujuk rayu oleh iblis melalui ular, amnusia tergoda dan akhirnya makan buah pohon yang dilarang itu. Maka akibat pelanggaran dan pemberontakan ini manusia harus mengalami kutuk dan penderitaan, bahkan kematian.

        Kej 2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,

        Kej 3:17 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:
        Kej 3:18 semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;
        Kej 3:19 dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."

        Kej 2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."
      2. Perbuatan melanggar perintah Tuhan ini disebut dosa ( 1 Yohanes 3 : 4 )

        Dosa yang dilakukan oleh manusia pertama Adam dan Hawa kemudian juga harus ditanggung oleh semua manusia.

        Rom 3:10 seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.

        Rom 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
        Rom 5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

        Kenyataan bahwa dosa ada didalam diri kita tidak dapat disangkal sebab setiap kita baik anak-anak maupun dewasa telah melaukan dosa baik dosa dihati maupun dosa perbuatan (Markus 7 : 21-23) dan jika kita mau jujur; maka suara hati kita juga memberikan kesaksian bahwa kita sudah tidak ada lagi yang sungguh-sungguh tidak berbuat dosa (Roma 2 : 15)

        Rom 2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.
      3. Manusia Harus Menanggung Akibat Dosa

        Pelanggaran ini membawa akibat :
        1. Manusia hidup jauh dari Tuhan.

          Kej 3:23 Lalu TUHAN Allah mengusir dia dari taman Eden supaya ia mengusahakan tanah dari mana ia diambil.
          Kej 3:24 Ia menghalau manusia itu dan di sebelah timur taman Eden ditempatkan-Nyala beberapa kerub dengan pedang yang bernyala-nyala dan menyambar-nyambar, untuk menjaga jalan ke pohon kehidupan.
        2. Manusia harus bekerja berat untuk menghidupi dirinya dan mengalami sakit penyakit dan mengalami kutuk.

          Kej 3:16 Firman-Nya kepada perempuan itu: "Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak; dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu."
          Kej 3:17 Lalu firman-Nya kepada manusia itu: "Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu:
          Kej 3:18 semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu;
          Kej 3:19 dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkau diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu."
      4. Tubuh manusia menjadi fana /mengalami kematian.

        Rom 6:12 Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya.
      5. Roh manusia berada dibawah hukuman kekal api neraka.

        Wahyu 21:8 Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."

        Hukuman itu dinyatakan dalam Alkitab dengan beberapa perkataan :

        Roma 2 : 8-9 Murka dan geram, penderitaan dan kesesakan.

        Wahyu 20 : 15 Lautan api.

        Yudas 1 : 17 Siksan api kekal.

        II Petrus 2 : 4 Neraka.

        II tesalonika 1 : 9 Kebinasaan selama-lamanya.

        Tempat hukuman yang kekal adalah NERAKA ( Markus 9 : 43 : 48) Keadaan manusia setealh jatuh dalam dosa sangat berbeda bila dibanding dengan keadaan sebelum manusia jatuh didalam dosa. Contoh ayat-ayat tentang keadaan orang berdosa :

        Mazmur 1 : 4 seperti sekam ditiup angin

        Yesaya 1 : 5-6 Seluruh kehidupannya menderita

        Yeremia 17 : 9 Hatinya membatu

        Yesaya 64 : 6 Seperti daun layu dan lenyap

        Wahyu 3 : 17 Melarat, malang, miskin, buta dan telanjang
    3. Agama dan perbuatan baik tidak dapat menyelamatkan.

      Supaya bisa diselamatkan, banyak manusia yang mene,mpuh jalan dan caranya sedniri antara lain elalui AGAMA dan PERBUATAN BAIK.Tetapi agama dan perbuatan baik yang dilakukan manusia ternyata TIDAK DAPAT menyelamatkan
      Mengapa ?
      • Kesalehan dan kebaikan manusia itu tidak ada artinya dan hanya seperti kain kotor

        Yesaya 64:6 Demikianlah kami sekalian seperti seorang najis dan segala kesalehan kami seperti kain kotor; kami sekalian menjadi layu seperti daun dan kami lenyap oleh kejahatan kami seperti daun dilenyapkan oleh angin.

        Tidak mungkin perbuatan baik manusia dapat melepaskan manusia dari hukuman dosa, sebab tidak ada manusia yang bisa menjadmin dirinya 100% bebas dari dosa. Perbuatan baiknya tidak cukup untuk membayar hukuman dosa.
      • Dengan jalannya sendiri, manusia pasti tersesat sebab semua manusia sudah berbuat dosa.

        Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut. (Amsal 14 : 12 ).

      Semua manusia sudah jatuh didalam dosa, jika tidak diselamatkan maka manusia akan binasa dalam siksaan api neraka yang kekal ( Roma 6 : 23 ). Itulah sebabnya semua manusia membutuhkan keselamatan.
  2. BAGAIMANA KITA BISA DISELAMATKAN ?

    Agar dapat diselamatkan, kita harus menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat.

    Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

    Kis 4:12 Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

    Kis 16:30 Ia mengantar mereka ke luar, sambil berkata: "Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?"
    Kis 16:31 Jawab mereka: "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu."

    Rom 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
    Rom 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

    Keselamatan adalah anugerah dari Allah, sebab bukan oleh usaha dan perbuatan kita tetapi pemberian Allah. Satu-satunya jalan KESELAMATAN hanya dengan percaya kepada YESUS KRISTUS.

    ... Allah sendiri yang datang menyelesaikan dosa manusia. Ia datang melalui Yesus Kristus yang mati dikayu salib untuk menebus dosa manusia.

    Tuntutan dari dosa adalah kematian. Untuk bebas dari tuntutan dosa, maka harus ada satu pribadi yang mau mati menggantikan manusia dan ia harus bebas dari dosa.

    Yang dapat melakukan hanyalah Allah. Allah datang menjadi manusia, supaya ia bisa mati menanggung dosa. Allah adalah Roh yang tidak bisa mati. Itulah sebabnya Ia harus menjadi manusia. Ia datang menjadi manusia Yesus Kristus, supaya tuntutan dosa atas manusia dapat ditanggung didalam tubuhNya. Yesus adalah manusia tetapi ia tidak berdosa dan tidak membawa benih dosa, sebab Yesus lahir bukan dari benih manuisa yang membawa dosa turunan Adam, tetapi dari benih Allah. Inilah anugerah yang diberikan oleh Allah kepada manusia supaya manusia selamat.

    Seberapapun besar dosa kita, korban Tuhan Yesus dikayu salib menjadi korban yang sempurna untuk pengampunan dosa kita.

    Dosa kita yang menyebabkan kita masuk dedalam api neraka yang kekal. Tetapi kalau kita mau menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, maka Yesus yang akan menyelesaikan masalah dosa kita

    CARA UNTUK MENERIMA YESUS SEBAGAI TUHAN DAN JURUSELAMAT:
    1. Bertobat.

      yaitu berbalik/ berpaling dari dosa kepada hidup yang memperkenan hati Allah. Hal ini adalah syarat utama untuk memperoleh pengampunan DOSA dan memperoleh KESELAMATAN (Kisah 2 : 38)

      Kis 2:38 Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

      Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan, (Kisah 3 : 19)

      Langkah-langkah yang harus diambil dalam pertobatan:
      1. Sadar
        1. Menyadari akan keadaan kita yang penuh dosa (Roma 3 : 23)
        2. Menyadari keselamatan bukan oleh usaha kita sendiri (Titus 3 : 5)
        3. Menyadari keselamatan hanya diperoleh melalui Kasih Karunia (Efesus 2 : 8)
      2. Bertindak dengan IMAN:
        1. Membuat keputusan untuk bertobat (Lukas 15: 18)
        2. Mengaku keadaan kita penuh dosa dan meminta pengampuan dosa kepada Tuhan (1 Yohanes 1 : 19)
        3. Menerima TUHAN YESUS sebagai TUHAN dan JURUSELAMAT dalam kehidupan kita.

        Yesaya 49:8 Beginilah firman TUHAN: "Pada waktu Aku berkenan, Aku akan menjawab engkau, dan pada hari Aku menyelamatkan, Aku akan menolong engkau; Aku telah membentuk dan memberi engkau, menjadi perjanjian bagi umat manusia, untuk membangunkan bumi kembali dan untuk membagi-bagikan tanah pusaka yang sudah sunyi sepi,

        Ibrani 3:15 Tetapi apabila pernah dikatakan: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman",
      3. Perubahan dalam kehidupan sehari-hari yaitu adanya buah-buah dari pertobatan (Matius 3 : 8)

        Mat 3:8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.
    2. Mengaku

      Rom 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
      Rom 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

      Pengakuan dengan mulut didalam doa kita bahwa "Yesus adalah Tuhan"
      sebagai tanda persetujuan/pernyataan kita dihadapan Allah bahwa kita mau menempatkan Yesus sebagai satu-satunya Tuhan yang disembah dan yang berkuasa dalam hidup kita.
    3. Percaya

      Kis 13:39 Dan di dalam Dialah setiap orang yang percaya memperoleh pembebasan dari segala dosa, yang tidak dapat kamu peroleh dari hukum Musa.

      Pengakuan kita harus sungguh-sungguh didasari dari hati yang percaya bahwa Yesus sudah mati dan bangkit untuk menebus dan memberikan hidup yang baru bagi kita. Jika kita percaya akan korban Yesus dikayu salib sebagai korban penebusan dosa kita, maka segala hukukan dosa yang seharusnya kita terima telah ditanggung oleh Tuhan Yesus dikayu salib.

    UNTUK DIRENUNGKAN

    Jika sekarang saudara belum pernah secara pribadi berdoa mengundang Tuhan Yesus masuk dalam hati dan mengakui Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat secara pribadi maka saudara perlu merenungkan beberapa hal ini:

    Sadarilah bahwa Tuhan Yesus sekarang sedang berdiri didepan pintu hati Saudara untuk selalu memanggil dan mengetuk pintu hati saudara. Ia rindu dekat dengan saudara. Ia mau menajdi Bapa dan Saudara menjadi anakNya.

    Jika Saudara mau membuka pintu hati sekarang, maka Dia akan masuk dan memimpin Saudara dalam hidup yang diselamatkan dan berkemenangan.

    Untuk memastikah Saudara telah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan secara pribadi, maka ucapkanlah dosa ini.

    Tuhan Yesus, aku datang kepadaMu.
    Aku mengaku bahwa aku adalah orang yang berdosa yang seharusnya dihukum.
    Tetapi saat ini aku percaya bahwa Tuhan Yesus telah mati
    untuk menyelamatkan orang berdosa termasuk aku.
    Sekarang Tuhan, masuklah dalam hatiku menjadi Tuhan dan juruselamat pribadiku.
    Ampunilah segala dosa-dosaku dan pelanggaranku.
    Aku percaya bahwa hari ini Engkau telah menajdi Tuhan dan juruselamat pribadiku.
    Hari ini aku telah diubahkan dari orang yang seharusnya dihukum
    menajdi orang yang mendapat anugerah keselamatan.
    Didalam nama Tuhan Yesus aku berdoa dan bersyukur
    Haleluyah. Amin.
 
PERJALANAN ROHANI JEMAAT

Untuk memperlengkapi dan menuntun saudara semakin hidup dalam kehendak Allah, maka gereja kita telah membuat skema perjalanan rohani. Tujuan dan skema ini adalah supaya saudara tahu arah dan tujuan perjalanan rohani anda.

Ikutilah dengan sungguh-sungguh skema perjalanan ini maka saudara akan dibawa pada hidup yang semakin berarti didalam Tuhan. Saudara tidak akan lagi menjadi orang Kristen yang biasa-biasa saja, melainkan menjadi orang Kristen yang mempunyai Visi, arah tujuan, dan gol yang jelas.

Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, (Efesus 4 : 13)

Sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah, (Kolose 1 : 10 )

  1. PERJALANAN SAUDARA YANG PERTAMA : DISELAMATKAN

    Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita,
    yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran. (1 Timotius 2 : 3-4)

    Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. (Efesus 1 : 13)
    Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya. (Efesus 1 : 14)
    Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, ( Efesus 1 : 18)


    Ketika saudara menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, saudara sudah melakukan langka pertama menurut skema perjalanan rohani. Pada tahap ini Saudara telah memasuki sejarah yang baru dalam hidup. Hidup Saudara, yaitu hidup yang belum diselamatkan, sudah di tinggalkan.

    Seperti bayi yang sedang dilahirkan kedunia, ia sedang memasuki kehidupan yang baru. Saudara juga sedang memasuki kehidupan yang baru dan siap menyongsong hidup yang semakin indah didalam Tuhan. Sekarang saudara telah menjadi anak Allah, dan Allah adalah Bapa Saudara, Tuhan telah menyediakan rencanaNya yang luar biasa

    Untuk mengalami rencana Allah itu, Saudara harus mengikuti langkah perjalanan rohani berikutnya, yaitu digabungkan.
  2. PERJALANAN SAUDARA YANG KEDUA : DIGABUNGKAN.

    Seperti seorang bayi yang baru lahir, ia harus masuk dalam satu keluarga sehingga ada yang memelihara, merawat dan menjagainya. Didalam skema perjalanan rohani, setelah Saudara melalui langkah diselamatkan, Saudara langsung melakukan langkah berikutnya, yaitu digabungkan. Langkah ini bertujuan untuk membawa Saudara menjadi bagian dari keluarha secara rohani didalam keluarga Allah supaya ada yang memelihara, merawat, menjaga dan menolong Saudara, sehingga iman Saudara bertumbuh dengan baik.

    Langkah yang perlu sekarang Saudara lakukan adalah
    1. Saudara harus mulai bergabung dalam ibadah Minggu secara rutin.

      Mengapa ?

      Beribadahlah kepada TUHAN dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai! (Mazmur 100 : 2 )

      Tetapi Ia mengetahui pikiran mereka, lalu berkata kepada orang yang mati tangannya itu: "Bangunlah dan berdirilah di tengah!" Maka bangunlah orang itu dan berdiri. ( Lukas 6 : 8 )

      Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. ( Mazmur 119 : 105 )


      ~ Karena ibadah Minggu adalah cara kita menunjukkan bakti kita, pemujaan kita dan hormat kita kepada Tuhan.

      ~ Karena saudara akan mendapat petunjuk dari Firman Tuhan untuk kehidupan Saudara ( Mazmur 119 : 105, II Timotius 3 : 16 ; 1 Petrus 2 : 2 )
    2. Saudara harus bergabung secara aktif menjadi kelompok sel.

      Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah, ( Efesus 2 : 19 )

      Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran. ( I Timotius 3 : 15 )


      Mengapa ?

      ~ Karena saudara tidak akan merasa menjadi orang asing tetapi mempunyai teman-teman didalam gereja ( Efesus 2 : 19 )

      ~ Karena Saudara akan mendapat keluarga rohani, sehingga kalau Saudara membutuhkan akan ada saudara lain yang secara khusus mendoakan, memperhatikan, menolong, membimbing Saudara,
    3. Saudara bergabung dalam kelas keanggotaan.

      Tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. ( Efesus 4 : 15 )

      Mengapa ?
      Karena dikelas keanggotaan, Saudara akan belajar tentang keselamatan, sakramen gereja kita, perjalanan rohani dan komitmen menjadi anggota seperti yang saudara pelajari. Tujuannya untuk memberikan bekas Saudara menjadi anggota gereja yang sungguh-sungguh tertanam.
  3. Perjalanan Saudara Yang Ketiga : dimuridkan.

    Setelah Saudara bergabung dala, keluarga rohani, maka Saudara perlu dimuridkan. Tujuannya supaya pengetahuan tentang firman Tuhan, iman dan rohani Saudara semakin bertumbuh. Seperti seorang anak tidak cukup hanya dipelihara, tetapi perlu belajar disekolah sehingga semakin hari semakin pandai.

    Mengapa Saudara harus dimuridkan ?

    Ada beberapa keuntungan yang dapat Saudara peroleh kalau Saudara mau dimuridkan, yaitu :
    1. Saudara akan mendapat pengajaran sehat dan terarah oleh hamba-hamba Tuhan.

      Rom 2:18 dan tahu akan kehendak-Nya, dan oleh karena diajar dalam hukum Taurat, dapat tahu mana yang baik dan mana yang tidak,

      dididik dengan teliti di bawah pimpinan Gamaliel dalam hukum nenek moyang kita, sehingga aku menjadi seorang yang giat bekerja bagi Allah sama seperti kamu semua pada waktu ini. ( Kisah 22 : 3)
    2. Saudara mendapat makanan rohani yang tepat untukp ertumbuhan rohani saudara.

      Ibrani 5:14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

      Pemberian makanan yang tepat sesuai dengan kondisi rohani seseorang, apakah ia seorang pendatang baru atau jemaat yang sudah lama didalam Tuhan akan menolong rohani seseorang terus berkembang sahingga saudara akan menjadi seorang yang kuat dan hidup penuh kemenangan didalam Kriistus.
  4. Perjalanan Saudara Yang ke Empat : Diutus.

    Langkah perjalanan rohani yang ketiga, yaitu dimuridkan. sekarang Saudara sudah sampai waktunya untuk diutus bekerja bagi Kristus. Seperti seorang anak yang telah menyelesaikan sekolahnya, mak aia harus mulai bekerja. Setiap orang tua tidak akan mengijinkan anak yang sudah lulus sekolah itu lalu menjadi pengangguran. Namun sebelum Saudara diutus, saudara perlu terlebih dahulu diajarkan dan dilatih bagaimana melayani dengan baik, sehingga nantinya Saudara bisa melayani dengan baik dan berhasil.

    Mengapa Saudara diutus ?

    Mat 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

    Sebelum Tuhan Yesus terangkat kesurga, Ia memberikan pesan terakhir yang sangat penting. Pesan itu kita kenal dengan "Amanat Agung Tuhan Yesus". Imti pesan itu adalah bahwa Tuhan memberikan perintah bagi kita untuk siap diutus pergi memberitakan kabar keselamatan kepada semua bangsa.

    Karena setiap orang percaya harus berfungsi bagi kerajaan Allah.

    1 Kor 12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.

    Salah satu sebutan bagi gereja adalah tubuh Kristus. Setiap anggota tubuh Kristus harus berfungsi. Kalau setiap anggota tubuh Kristus yang berfungsi maka tubuh itu akan menjadi kuat, tetapi kalau ada anggota tubuh yang tidak berfungsi, maka akan membuat tubuh itu cacat dan lemah.

    2 Tim 2:3 Ikutlah menderita sebagai seorang prajurit yang baik dari Kristus Yesus.

    Demikian juga gereja disebut tentara Allah. Jika semua tentara bisa berperang dengan baik, maka negara itu akan menjadi kuat. Tetapi kalau ada banyak tentara yang tidak bisa berfungsi/berperang maka negara itu akan menjadi lemah.Itulah sebabnya Tuhan ingin setiap kita menjadi pekerja Kristus yang berfungsi sehingga gereja menjadi gereja yang kuat.
  5. Gol Akhir Dari Perjalanan Rohani Ini Adalah Berbuah Dan Mendapatkan Mahkota.

    Kol 3:24 Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.

    Gol akhir dari perjalanan rohani ini adalah supaya setiap kita sungguh-sungguh berbuah banyak dan mendapat mahkota surgawi yang diinginkan oleh setiap orang. Itulah sebabnya saudara harus sungguh-sungguh mengikuti lagkah-langkah perjalanan rohani ini karena mahkota surgawi sudah tersedia bagi kita.
 
Status
Tidak terbuka untuk balasan lebih lanjut.
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.