• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Tips Bagi Pendaki Gunung agar Bebas dari Hipotermia

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.624
Nilai reaksi
23
Poin
0
Tips Bagi Pendaki Gunung supaya Bebas dari Hipotermia



Ilustrasi Pendaki Gunung (istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA Kini sejumlah kawasanpegununganyang jadi jalur pendakian mulai kembali dibuka untuk umum. Meski demikian, bagi para pendaki diharapkan tetap memperhatikan protokol kesehatan, apabila harap hiking.


Selain itu, perlu juga menjaga daya tahan tubuh supaya bebas darihipotermia. Berikut sejumlah tips yg perlu diperhatikan diberitakan dari akun instagram@lawumountain:


1. Jangan biarkan perut kosong


Makanlah sebelum mendaki. Sebab, ketika perut kosong maka tubuh tidak memiliki energi yg cukup untuk memanaskan tubuh. Usahakanlah membawa logistik & camilan yg bergizi untuk menjaga kondisi badan supaya tetap fit selama pendakian.


2. Sebaiknya mendaki di siang hari


Mendaki di saat siang jadi opsi yg tepat, sebab suhu di gunung akan lebih nyaman untuk tubuh. Adanya sinar mentari juga dapat jadi media yg akan menolong mengeringkan baju saat basah karena keringat atau tetesan air.


3. Siapkan alat mendaki & baju ganti


Pastikan membawa alat yg sesuai dengan prosedur pendakian. Sediakan pula cadangan kaos, jaket, penutup kepala, sarung tangan, kaos kaki, sepatu & celana. Gantilah pakaian yg basah.


Memasuki musim kemarau, suhu di gunung makin dharap aja. Berdasarkan pantauan suhu di freemeteo, suhu di gunung Lawu dapat turun hingga 1 derajat Celcius pada dini hari hingga pagi, ujar admin @lawumountain.


Suhu baru bergerak naik 3 derajat sekitar pukul 07.00 WIB. Agar terhindar dari hipotermia lakukan beberapa hal ini ya! tambahnya.


image-placeholder-ig.gif

media



4. Jangan pakai pakaian berbahan jeans

Pakaian tipe ini dianjurkan untuk dihindari sebab jeans memiliki pori-pori bahan yg cukup besar, sehingga udara dharap akan mudah masuk melewatinya. Sementara saat kondisi basah, jeans akan lama untuk dikeringkan, sehingga anda akan lebih mudah kedharapan.

Sumber :


Tips Bagi Pendaki Gunung supaya Bebas dari Hipotermia​

Hari ini 15:09
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.